383 JCH Ogan Komering Ulu belum lunasi biaya haji

id biaya haji,Fahrul Amin,Pelunasan BPIH,Jemaah Calon Haji,Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji,BPIH 2019,bank Sumsel Babel Syariah dan Bank Sumsel Babel Ca

383 JCH Ogan Komering Ulu belum lunasi biaya haji

Arsip- Sejumlah calon haji melaporkan pelunasan BPIH di Kantor Kemenag . (ANTARA/Slamet Agus Sudarmojo)

Baturaja (ANTARA) - 383 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan belum melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2019 yang wajib dibayarkan sebelum diberangkatkan ke tanah suci Mekkah.

"Pelunasan BPIH tahap pertama tahun ini sudah bisa dilakukan sehingga para JCH kami imbau agar segera melunasinya," kata Kasubbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Ogan Komering Ulu, Fahrul Amin di Baturaja, Jumat.

Dia mengemukakan, pelunasan BPIH tahun ini untuk seluruh CJH reguler di Kabupate Ogan Komering Ulun  sudah dapat dilakukan sejak 19 Maret 2019 dan akan berakhir hingga 15 April 2019.

"Jadi para JCH yang akan berangkat tahun ini sekarang sudah bisa melakukan pelunasan biaya haji di bank yang telah ditunjuk," ungkapnya.

Pelunasan BPIH ini, tambahnya dapat dilakukan di sejumlah bank wilayah setempat seperti Bank Sumsel Babel Syariah dan Bank Sumsel Babel Cabang Baturaja, BNI Syariah, BSM, BRI Syariah serta Bank Muamalat.

Dia menyebutkan, berdasarkan keputusan Presiden RI sebelumnya telah menetapkan biaya haji 2019 untuk embarkasi Palembang, Provinsi Sumatera Selatan yaitu sebesar Rp33.429.575/jemaah.

"Pelunasan BPIH ini diharapkan segera dilakukan oleh jemaah agar tidak menghambat proses keberangkatan ke tanah suci Mekkah," katanya.

Menurut dia, pihaknya juga sudah memberikan pembekalan kepada 383 JCH asal Kabupaten Ogan Komering Ulu melalui kegiatan Manasik Haji yang dilaksanakan di Aula Kantor Kemeterian Agama setempat pada 10 Januari 2019.

Kegiatan tersebut, lanjut dia dilaksanakan bertujuan agar para JCH memiliki kesiapan baik mental maupun fisik menjelang keberangkatan ke tanah suci guna menunaikan ibadah haji.

"Tujuan dari Manasik Haji ini juga agar para jemaah mendapatkan ilmu tentang pelaksanaan ibadah haji sebelum diberangkatkan ke Mekkah," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar