Pembangunan fisik TMMD capai 90 persen

id pembangunan jalan,Kelurahan Karya Makmur,Dandim 0406/Musirawas,Letkol Inf M.Aan Setiawan,Kemanunggalan TNI-Rakyat,Mabes TNI AD,tni membangun desa,beri

Pembangunan fisik TMMD capai 90 persen

Sejumlah anggota TNI dan warga bergotong royong membangun jembatan antar Desa saat program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). (ANTARA FOTO/Nurul Ramadhan/ama)

Palembang (ANTARA) - Pembangunan fisik seperti jalan sepanjang 6,5 kilometer di Kelurahan Karya Makmur Kecamatan Nibung Kabupaten Musirawas Utara, Sumatera Selatan melalui program TNI manunggal membangun desa rata-rata sudah mencapai lebih dari 90 persen.

"Pembangunan jalan tersebut sebenarnya sudah selesai, namun lantaran lebarnya di atas ketentuan sehingga harus menambah waktu," kata Dandim 0406/Musirawas Letkol Inf M.Aan Setiawan di Kecamatan Nibung Musirawas Utara, Jumat.

Dia mengatakan, seharusnya lebar jalan itu delapan meter tetapi atas inisiatif dijadikan 10 M sehingga ada penambahan waktu.

Namun, lanjut dia, target pembangunan akan tercapai bahkan di luar ketentuan karena anggota bersama masyarakat bekerja secara maksimal.

Sebenarnya banyak pembangunan fisik dalam TMMD di Musirawas Utara tersebut seperti pembuatan dua unit sumur bor, pemasangan gorong-gorong dan rehab masjid.

Selain itu juga pembuatan MCK, pos keamanan lingkungan dan perbaikan rumah atau bedah rumah dan itu pengerjaannya sudah selesai.

TMMD dilaksanakan guna mempercepat pembangunan di wilayah Kabupaten Musirawas Utara, membantu meningkatkan perekonomian daerah, kesehatan dan kesejahteraan rakyat.

Selain itu juga meningkatkan kesadaran bela negara dan Kemanunggalan TNI-Rakyat, ujar Dandim.

Sementera Ketua Tim Pengawas dan Evaluasi Mabes TNI AD Brigjen TNI Sudarto mengatakan, dengan meninjau kegiatan TMMD ini pihaknya ingin mengetahui secara langsung perkembangan di lapangan.

Dipilihnya lokasi TMMD di Kelurahan Karya Makmur karena akses jalan kurang mendukung, sehingga perekonomian Kecamatan Nibung kurang berkembang.

Namun, setelah TMMD ini diharapkan wilayah Kecamatan Nibung ke depan bisa berkembang dengan cepat serta akses perekonomian dan kesejahteraan masyarakat semakin bertambah.

Selain itu, menurut penilaian dari Tim Pengawas dan Evaluasi TMMD Kodim 0406/Mura hasilnya cukup maksimal karena telah melebihi kapasitas pekerjaan seperti contoh lebar jalan yang awalnya dibuat 8 meter kenyataan di lapangan menjadi 10 meter.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar