Calon haji dua kabupaten di Sumsel belum melunasi biaya haji

id biaya haji,pelunasan BPIH,calon jamaah haji,Kanwil Kementerian Agama Sumsel,Saefudin Latief

Arsip- Petugas Bank melayani calon jemaah haji yang melunasi Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH). (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Palembang (ANTARA) - Calon jamaah haji dari dua kabupaten di Sumatera Selatan sejak dibuka pelunasan beberapa hari lalu hingga Jumat (22/3) pukul 10.00 WIB belum ada yang melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2019.

Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Sumsel Saefudin Latief di Palembang, Jumat mengatakan, dua kabupaten yang calon jamaah hajinya belum melunasi BPIH itu yakni Kabupaten Empat Lawang dan Penungkal Abab Lematang Ilir (PALI).

Untuk Empat Lawang calon jamaah hajinya tercatat 69 orang dan Penungkal Abab Lematang Ilir ada 16 orang, kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, diperkirakan dalam waktu dekat ini calon jamaah haji dua kabupaten tersebut akan melunasi karena waktu pelunasannya masih lama.
Suasana pelaksanaan ibadah haji dan umroh di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. (Istimewa)

Apalagi jumlah calon jamaah haji dua kabupaten tersebut tidak terlalu banyak sehingga cepat untuk melunasi BPIH.

Selain itu pelunasan dibuka dalam dua tahap dan periode kedua akan berakhir pada 10 Mei mendatang.

Untuk sementara ini berdasarkan data yang sudah melunasi BPIH tercatat 1.809 orang dari jumlah yang akan diberangkatkan pada 2019 tercatat 6.988 orang.

Dia mengatakan, dari jumlah tersebut calon jamaah haji yang terbanyak melunasi dari Kota Palembang terdata 602 orang, kemudian Ogan Komering Ulu Timur sebanyak 265, selanjutnya Lahat 193, disusul Muaraenim163 orang.

Mengenai jamaah calon haji melalui embarkasi Palembang lebih dari 7.000 orang karena provinsi Bangka Belitung juga bergabung dengan Sumsel.

Hal ini karena sejak Sumsel dijadikan embarkasi haji maka Bangka Belitung ikut pemberangkatan melalui Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Calon jamaah haji Sumsel dan Bangka Belitung nanti diharapkan dapat menunaikan rukun Islam kelima secara khusuk sekaligus menjadi haji mabrur.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar