Belgia tenggelamkan Rusia 3-1

id Belgia vs rusia,Eden Hazard,kiper Courtois,kualifikasi Grup I Euro,Denis Cheryshev,Youri Tielemans,Guilherme Marinato,berita sumsel, berita palembang

Belgia tenggelamkan Rusia 3-1

Para pemain Belgia melambaikan tangan kepada penggemar. (ANTARA/Reuters)

Jakarta (ANTARA) - Kapten Eden Hazard mencetak dua gol untuk Belgia pada saat kiper Courtois melakukan blunder fatal, sekaligus mengamankan kemenangan 3-1 atas Rusia dalam pertandingan kualifikasi Grup I Euro 2020 di Stadion King Baudouin, Belgia, Kamis.

Courtois melakukan kesalahan dengan memberi kesempatan gol mudah Rusia untuk menyamakan kedudukan lewat Denis Cheryshev, tetapi Belgia pantas memetik kemenangannya ketika Youri Tielemans membuka skor dengan gol internasional pertamanya dan Hazard menambahkan dua lagi, satu di antaranya dari titik penalti.

Striker Michy Batshuayi dipasang untuk memimpin barisan penyerangan setelag absennya Romelu Lukaku yang cedera. Sementara tiga barsaudara Hazard, Eden dan Thorgan, dimainkan bersama untuk ketiga kalinya dengan mengenakan seragam tim nasional.

Belgia memimpin pada 15 menit pertama ketika umpan Timothy Castagnea disambut Tielemans di tepi kotak penalti dan ketika garis pertahanan Rusia terbuka, pemain gelandang itu melepas tembakan rendah melewati kiper Guilherme Marinato.

Namun keunggulan tersebut tidak berlangsung lama karena semenit kemudian Courtois membuat kesalahan fatal yang dimanfaatkan Cheryshev untuk menyamakan kedudukan.

Penjaga gawang itu menguasai bola setelah melakukan penyelamatan gawangnya, namun kemudian tanpa sadar dia memberikan bola langsung ke Cheryshev di tepi kotak penalti dan bola pun langsung mengarah ke gawang yang kosong.

Batshuayi nyaris mengembalikan keunggulan ketika saudara Hazard melepas tendangan sudut dan ketika bola jatuh ke sang striker di kotak penalti, tendangannya membentur Marinato dan juga ditepis bek Georgiy Dzhikiya di gawang.

Belgia, semifinalis Piala Dunia tahun lalu, mencetak gol kedua tepat sebelum turun minum ketika Eden Hazard diganjal di kotak penalti oleh Yuri Zhirkov dan ia mampu mengkonversinya menjadi gol dan memberi timnya keunggulan 2-1 di babak pertama.

Batshuayi seharusnya menambahkan keunggulan untuk tim tuan rumah ketika ia dibiarkan tanpa penjagaan dan meneruskan umpan silang ke tiang gawang dari jarak delapan yard.

Hazard kembali menyarangkan gol ketiga ketika ia menerima umpan longgar di dalam kotak penalti setelah tendangan Batshuayi diblokir. Tim tamu menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain setelah wasit memberikan kartu merah di menit-menit terakhir untuk Aleksandr Golovin.

Sebelumnya, Siprus menyodok ke puncak klasemen Grup I dengan kemenangan 5-0 atas San Marino di Nicosia.

Striker Pieros Sotiriou mengkonversi dua penalti menjadi gol. Sementara tiga gol lainnya dicetak Ioannis Kousoulos, Georgios Efrem dan Konstantinos Laifis.