KPU Palembang libatkan 300 tenaga pelipat surat suara Pemilu 2019

id surta suara,pelipatan surat suara,KPU Palembang,Tempat Pemungutan Suara,tps pemilu,pemilu 2019,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara

KPU Palembang libatkan 300 tenaga pelipat surat suara Pemilu 2019

Pelipatan surat suara pemilu serentak 2019 di Kota Palembang. (ANTARA News Sumsel/Susilawati)

Palembang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang, Sumatera Selatan melibatkan 300 tenaga pelipat surat suara pemilihan anggota legislatif serta pemilihan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

Jumlah tenaga pelipat surat suara itu cukup untuk melakukan pelipatan lima jenis surat suara mencapai di atas lima juta lembar yang ditargetkan selesai pada akhir Maret ini, kata anggota KPU Palembang Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Yetty Oktarina di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, sejak dimulainya kegiatan pelipatan surat suara pada 9 Maret 2019 hingga sekarang ini telah diselesaikan pelipatan dua jenis dari lima jenis surat suara untuk Pemilu 17 April 2019.

"Kegiatan pelipatan surat suara yang dilakukan sejak 9 Maret hingga kini berjalan lancar sesuai rencana, hingga kini telah diselesaikan pelipatan surat suara berwarna merah untuk pemilihan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dan surat suara berwarna kuning.untuk pemilihan anggota DPR RI," ujarnya.

Dalam pelaksanaan Pemilu 2019 ini berbeda dengan pesta demokrasi sebelumnya, karena dilakukan pemilihan anggota legislatif tingkat kabupaten/kota hingga pusat serentak dengan pemilihan presiden dan wakil presiden.

Menghadapi Pemilu serentak tersebut pihaknya menyiapkan lima jenis surat suara yang dibedakan dengan warna yakni untuk pemilihan anggota DPD RI surat suaranya berwarna merah, untuk pemilihan anggota DPR RI surat suaranya berwarna kuning.

Kemudian untuk pemilihan anggota DPRD provinsi surat suaranya berwarna biru, untuk pemilihan anggota DPRD kabupaten/kota surat suaranya berwarna hijau, serta untuk pemilihan presiden dan wakil presiden surat suaranya berwarna abu-abu.

Pada Pemilu 2019 ini tercatat 1.126.087 masyarakat yang masuk dalam daftar pemilih tetap hasil pemutakhiran 2 (DPTHP2) dan diperkirakan akan bertambah jika masuk daftar pemilih tambahan (DPTb).

Masyarakat yang memiliki hak suara itu tersebar di 4.805 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam wilayah 18 kecamatan, mereka diharapkan dapat menggunakan haknya dengan baik sesuai hati nurani pada 17 April 2019, ujar Yetty.