Enam penderita HIV/AIDS Empat Lawang sudah meninggal dunia

id hiv,hiv/aids,penyakit,empat lawang

Enam penderita HIV/AIDS Empat Lawang sudah meninggal dunia

Ilustrasi - Stop AIDS/HIV. (ANTARA)

Palembang (ANTARA) - Sebanyak enam penderita HIV/AIDS di Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan semuanya sudah meninggal dunia, kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang Wiwik Supriyantini.

"Kejadian tersebut semakin menguatkan tekad dari pemerintah kabupaten untuk menekan jumlah penderita HIV/AIDS tersebut," kata dia di Empat Lawang, Selasa.

Ia mengatakan pada tahun ini, pihaknya menargetkan Empat Lawang tidak ada penderita HIV/AIDS.

Untuk mewujudkan target "2019 bebas HIV/AIDS" itu, Pemkab Empat Lawang akan menggencarkan sosialisasi ke masyarakat dari berbagai lapisan mulai dari anak-anak usia sekolah, dewasa, hingga kalangan orang tua tentang bahaya penyakit tersebut dan upaya pencegahan serta penanggulangannya.

Tentunya, ia melanjutkan, upaya tersebut akan sia-sia jika tidak mendapatkan dukungan dari masyarakat.

"Kami akan aktif melakukan pendekatan ke masyarakat. Semisal, berani memeriksakan diri jika merasa ada sesuatu gejala yang tidak biasa di dalam tubuh," kata dia.

Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas puskesmas dan polindes untuk mengakses sarana dan prasarana kesehatan dan obat-obatan.

Dinas Kesehatan Pemkab Empat Lawang juga sudah mengeluarkan surat edaran ke berbagai puskesmas dan polindes untuk lebih aktif dalam membantu masyarakat terkait dengan pencegahan penularan penyakit HIV/AIDS atau penyakit menular lainnya.