Sejumlah daerah di Sumsel sedang panen padi

id padi

Palembang (ANTARA) - Sejumlah daerah sentra produksi beras di Sumatera Selatan saat ini ada yang sedang panen dan sudah panen padi untuk musim tanam tahun ini.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Erwin Noorwibowo di Palembang, Kamis mengatakan, ada beberapa tempat yang sudah panen padi dan ada pula sekarang ini sedang panen.

Pada Februari dan Maret itu merupakan puncak-puncaknya panen raya padi di sejumlah daerah di Sumatera Selatan.

Sementara terkait dengan musim hujan terjadi sekarang ini apakah tanaman padi ada yang terendam dan puso, ia menyampaikan, kalau pihaknya sudah menyurati dinas di kabupaten untuk mengambil sikap dalam artian untuk mengantisipasi agar petani tidak terlalu rugi dalam bencana ini.

"Kami jauh-jauh hari selalu mengimbau agar pertanaman itu diback up yang namanya asuransi usaha tani padi (AUTP)," ujarnya.

Kemudian kalau terjadi puso agar segera diproses permohonan bantuan benih bagi petani-petani yang tanamannya mengalami puso, katanya.

Ia menyampaikan, kalau sekarang ini pihaknya juga sedang mengenjot percepatan tanam padi dengan indeks pertanaman (IP) 200 di lahan pasang surut di provinsi tersebut.

Percepatan tanam dengan IP200 itu dilaksanakan seperti di daerah Banyuasin dan respon masyarakat terhadap IP200 ini cukup baik.

Mudah-mudahan dapat meningkatkan total produksi padi pada tahun 2019 ini.  Sejumlah daerah produksi padi di Sumsel antara lain OKU Timur, Ogan Komering Ilir, Banyuasin dan Musi Banyuasin.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar