Pemerintah desa di OKU usulkan pembangunan pasar tradisional

id pasar tradisional,kepala Desa Negeri Agung, Ogan Komering Ulu, Mukmin,Alokasi Dana Desa

Pemerintah desa di OKU usulkan pembangunan pasar tradisional

Pedagang dan pembeli sayuran di pasar tradisional. (ANTARA)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Desa Negeri Agung, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengajukan usulan pembangunan pasar di daerah itu pada tahun 2019.

"Pasar ini untuk sarana masyarakat berbelanja kebutuhan sembako dan keperluan rumah tangga lainnya," kata Kepala Desa Negeri Agung, Ogan Komering Ulu, Mukmin di Baturaja, Rabu.

Dia mengatakan, usulan pembangunan pasar ini disampaikan pihaknya kepada pemerintah daerah setempat untuk direalisasikan tahun ini agar masyarakat di wilayah itu lebih mudah dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari.

"Rencana ini tinggal menunggu persetujuan pemerintah. Jika disetujui maka pembangunan pasar bisa dimulai," tegasnya.

Dia mengemukakan, pasar baru ini rencananya akan dibangun di pusat desa setempat dekat dengan lokasi pasar lama yang sudah tidak difungsikan lagi.

"Pasar yang ada sekarang ini selain jaraknya jauh, kondisinya juga sudah tidak layak lagi sehingga tidak ada pedagang yang mau berdagang di sana," katanya.

Untuk itu, kata dia, mayarakat Desa Negeri Agung mengusulkan pembangunan pasar di lokasi baru dekat dengan permukiman penduduk agar lebih mudah dijangkau.

Dia menjelaskan, biaya pembangunan pasar ini akan menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) bantuan dari pemerintah pusat untuk dimasukkan dalam APBdes tahun anggaran 2019.

"Jika rencana ini disetujui pemerintah, untuk biaya pengadaan lokasi dan pembangunan jalan pasar nantinya menggunakan dana APBdes Negeri Agung tahun anggaran 2019. Sedangkan pembangunan kios pedagang diusulkan melalui dana APBN," ujarnya.