Ajax gusur Madrid lewat kemenangan telak 4-1

id Ajax Amsterdam,madrid,real madrid,Sergio Reguilon, Asensio,liga eropa,liga Champions,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang

Ajax gusur Madrid lewat kemenangan telak 4-1

Dusan Tadic merayakan golnya bagi Ajax saat bertandang ke Real Madrid. (Ist)

Jakarta (ANTARA) - Ajax Amsterdam menggusur sang juara bertahan Real Madrid dari perburuan gelar juara liga Champions lewat kemenangan telak 4-1 pada leg kedua babak 16 besar di Santiago Bernabeu, Rabu dinihari WIB.

Keunggulan Madrid pada leg pertama 2-1 sirna dan berbalik kalah secara agregat menjadi 3-5 dan Los Blancos harus memupus impian untuk mempertahankan trofi Champions League.

Sang juara bertahan yang tahun lalu sukses meraih gelar juara Liga Champions dengan mengalahkan Liverpool di babak final ini, gagal meneruskan rekor juara bertahan beruntun untuk ketiga kalinya.

Seperti dilaporkan Reuters, Rabu, empat gol Ajax pada laga ini dicetak Hakim Ziyech (7) dan David Neres (18), Dusan Tadic (62), dan Schone (72).

Madrid hanya mampu memperkecil ketertinggalan lewat gol dari Marco Asensio pada menit ke-70.

Tampil di depan pendukung sendiri Madrid justru tertekan sejak awal babak pertama. Ajax yang tertinggal 1-2 di leg pertama langsung berusaha bermain menekan.

Ajax membuka keunggulan saat pertandingan baru memasuki menit tujuh.
Hakim Ziyech melepaskan tembakan terarah dengan kaki kirinya usai memanfaatkan umpan terobosan dari Dusan Tadic.

Unggul satu gol membuat Ajax semakin percaya diri. Mereka tampil tanpa beban di depan pendukung Madrid yang memadati Santiago Bernabeu.

Pada menit ke-18, kiper Madrid, Thibaut Coutois kembali harus memungut bola dari dalam gawangnya usai Tadic lolos dari sergapan Casemiro, lantas mengumpan bola ke David Neres dan pemain Brazil itu mencetak gol kedua Ajax di laga ini, sekaligus membalikkan agregat menjadi 3-2 untuk Ajax.

Madrid berupaya mengejar ketertinggalannya. Namun upaya itu terkendala karena Lucas Vazquez dan Vinicius Junior, dua penyerang sayap mereka, cedera dan harus diganti sebelum turun minum.

Pada menit ke-43, pemain pengganti Gareth Bale hampir mencetak gol, tapi bola sepakannya hanya mengenai tiang gawang.

Setelah turun Minum, Madrid mencoba bermain lebih terbuka. Karim Benzema memiliki peluang pada menit 50, tapi tendangan kaki kirinya masih melambung.

Ajax justru memperbesar keunggulan setelah Tadic ikut mencatatkan namanya di papan skor lewat gol yang ia cetak di menit ke-62. Tembakan kaki kiri yang dilepas Tadic tak mampu dijangkau Courtois dan meluncur mulus menjadi gol.

Madrid berhasil memperkecil ketinggalan lewat gol Asensio di menit ke-70. Menerima assist Sergio Reguilon, Asensio melepas tembakan first time ke tiang jauh yang tak mampu dijangkau Andre Onana.

Namun kedudukan ini hanya bertahan dua menit. Ajax kembali menjauh lewat gol tendangan bebas yang dieksekusi Schone.

Memasuki injury time, Madrid harus kehilangan Nacho Fernandez mendapat kartu kuning kedua akibat melanggar Donny van de Beek. Skor 4-1 untuk kemenangan Ajax menjadi hasil akhir laga ini.

Susunan pemain

REAL MADRID (4-3-3): Thibaut Courtois; Sergio Reguilon, Raphael Varane, Nacho Fernandez, Daniel Carvajal; Toni Kroos, Casemiro, Luka Modric; Lucas Vazquez, Vinicius Junior, Karim Benzema.
Cadangan: Keylor Navas, Jesus Vallejo, Marcelo, Federico Valverde, Dani Ceballos, Marco Asensio, Gareth Bale.

AJAX (4-2-3-1): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Matthijs de Ligt, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Frenkie de Jong, Lasse Schone; Hakim Ziyech, Donny van de Beek, Dusan Tadic; David Neres.
Cadangan: Bruno Varela, Joel Veltman, Daley Sinkgraven, Dani de Wit, Zakaria Labyad, Klaas-Jan Huntelaar, Kasper Dolberg.