Dinas Pendidikan OKU terima DAK Rp30 miliar

id Dana Alokasi Khusus,Dinas Pendidikan,DAK,membangun sarana dan prasarana pendidikan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, a

Dinas Pendidikan OKU terima DAK Rp30 miliar

Kuryana Azis. (Instagram/KuryanaAzis)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada 2019 menerima kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat sebesar Rp30 miliar guna membangun sarana dan prasarana pendidikan di wilayah itu.

"Besaran DAK yang diterima Dinas Pendidikan tahun ini nilainya mencapai Rp30 miliar," kata Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Azis di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan, dana yang dikucurkan pemerintah pusat tersebut untuk pembangunan sarana dan prasarana pendidikan seperti membangun ruang kegiatan belajar, jamban sekolah dan renovasi gedung sekolah.

"Untuk data sekolah di Ogan Komering Ulu yang akan menerima DAK ini saya tidak hafal, silahkan tanya langsung dengan Kepala Dinas Pendidikan setempat," katanya.

Dia meminta agar pejabat di Dinas Pendidikan Ogan Kemering Ulu untuk menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk melaksanakan pembangunan dan dana yang didapat harus digunakan sesuai peruntukannya.

"Tolong pantau penggunaan DAK ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Ogan Komering Ulu Paranto secara terpisah mengemukakan bahwa DAK sebesar Rp30 milyar yang diterima pihaknya tersebut untuk membangun sarana dan prasarana puluhan sekolah di wilayah itu.

"Puluhan sekolah tersebut mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD hingga SMP di Ogan Komering Ulu," katanya.

Menurut dia, dalam penggunaan DAK nantinya pihak sekolah sendiri yang akan bertanggung jawab pada pengelolaannya yang diharapkan dapat digunakan sesuai kebutuhan dan tepat sasaran.

"DAK tersebut dikelola oleh sekolah, mulai dari perencanaan dan pelaksanaannya," ujarnya.