Hampir semua SMA di Sumsel siap laksanakan UNBK

id Widodo,Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan,ujian nasional,unbk sumsel,siswa ujian,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palemban

Hampir semua SMA di Sumsel siap laksanakan UNBK

Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Widodo. (ANTARA News Sumsel/Susilawati)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Pendidikan Sumatera Selatan mendata hampir semua Sekolah Menengah Atas (SMA) di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada awal April 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Widodo di Palembang, Jumat mengatakan, sekitar 96 persen SMA di provinsi ini telah menyiapkan perangkat komputer dan jaringan internet untuk melaksanakan ujian nasional tersebut.

Sebagian besar SMA di provinsi ini siap melaksanakan ujian nasional berbasis komputer, hanya empat persen sekolah yang masih menggunakan sistem lama atau Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP).

Sekolah yang belum bisa melaksanakan UNBK itu disebabkan beberapa faktor seperti jumlah komputernya belum sesuai dengan siswa yang akan ujian dan belum memiliki jaringan internet atau perangkat pendukung lainnya, ujar dia.

Sementara Kabid SMA Dinas Pendidikan Sumsel Bonny Syafrian menambahkan masih ada SMA yang belum melaksanakan UNBK karena berbagai faktor, misalnya belum memiliki perangkat komputer dengan jumlah memadai, >serta jaringan listrik dan internet yang tidak stabil.

Permasalahan yang dihadapi sekolah yang belum siap melaksanakan UNBK pada tahun ini menjadi perhatian pihaknya untuk mencarikan solusinya agar pada tahun 2020 semua SMA di Sumsel bisa melaksanakan UNBK.

"Kami mencoba membantu mengatasi permasalahan sekolah-sekolah yang belum siap melaksanakan UNBK dan tahun depan ditargetkan 100 persen UNBK," ujar Bonny.