Menhub fasilitasi sopir angkot dapatkan SIM

id sim,Budi Karya Sumadi,Menteri Perhubungan,sopir angkot,sim b,dishub banten,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara ha

Menhub fasilitasi sopir angkot dapatkan SIM

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (ANTARA)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memfasilitasi sopir angkot di Banten untuk mendapatkan surat izin mengemudi (SIM) sebagai tindak lanjut atas pertemuannya dengan sejumlah sopir angkot di Ciledug, Tangerang Selatan, Sabtu (26/1).

Keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, menyebutkan bahwa Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah menerima sejumlah SIM A Umum yang selesai diproses di Kepolisian pada Kamis (28/2).

Menhub menyatakan Pemberian SIM A ini sebagai bentuk kepedulian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terhadap profesi sopir sekaligus untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan masyarakat dalam menggunakan kendaraan umum. Dalam pertemuan Menhub dengan para sopir angkot ini, mereka menyampaikan kebutuhan akan SIM A umum.Sebagian pengemudi angkot ini menyatakan bahwa SIM A umum yang mereka miliki ada yang sudah nonaktif ataupun belum mempunyai SIM A umum. "Sopir, terutama sopir angkot merupakan profesi yang mulia. Oleh karena itu, kami membantu memfasilitasi proses pengurusan SIM A umum gratis bagi sopir angkot yang SIM nya telah mati," kata Budi.

Karena itu, tidak hanya bagi pengemudi yang SIM A umumnya sudah tidak aktif, Ditjen Perhubungan Darat juga memfasilitasi pembuatan SIM A umum bagi sopir yang belum memiliki SIM A umum serta telah lulus ujian teori dan praktek pembuatan SIM.

Senada dengan Menhub Budi, Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Ahmad Yani juga mengatakan bahwa pemberian fasilitas pembuatan SIM A umum ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah karena angkot masih dibutuhkan oleh banyak masyarakat di lingkungan Jabodetabek.

"Masyarakat sejauh ini masih membutuhkan angkot sehingga saya terus mengupayakan peningkatan keselamatan maupun kenyamanan angkot. Salah satu poin yang saya tekankan pada rekan-rekan pengemudi angkot yaitu untuk mengemudikan kendaraannya dengan tetap memperhatikan keselamatan dan mematuhi rambu- rambu yang ada," ujar Yani. Dalam acara tersebut, Menhub Budi memanfaatkan kegiatan ini sekaligus sebagai wadah untuk menampung saran dan aspirasi dari para pengemudi angkot. "Bagi para pengemudi angkot, saya berpesan untuk tetap menjaga kebersamaan, kesatuan, dan persatuan," katanya.