BPBD Sumsel segera tetapkan siaga Karhutla

id Badan Penanggulangan Bencana Daerah,mengantisipasi asap, asap,Kepala BPBD Sumsel, H.Iriansyah

BPBD Sumsel segera tetapkan siaga Karhutla

Kepala Pelaksana BPBD Sumsel Iriansyah melakukan rapat koordinasi Karhutla bersama Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana RI di Palembang, Kamis (7/6/18) (ANTARA News Sumsel)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Sumatera Selatan (Sumsel) segera menetapkan siaga kebakaran hutan dan lahan(Karhutla) untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi kabut asap.

Kepala BPBD Sumsel, H.Iriansyah di Palembang, Kamis, mengatakan, berdasarkan informasi dari BMKG musim kemarau dimulai pada April 2019, maka perlu pencegahan lebih dini.

Jadi pada Maret 2019 diperkirakan akan ditetapkan siaga Karhutla, tetapi pihaknya masih menunggu keputusan Gubernur Sumsel.

"Pada Maret 2019 akan ditetapkan sebagai status siaga Karhutla, tetapi untuk pastinya kita masih menunggu keputusan dari Guburnur Sumsel," ujar Iriansyah.

Dia mengatakan, siaga Karhutla tersebut ditetapkan lebih awal tersebut untuk pencegahan lebih dini.

Hal ini karena pihaknya tidak menginginkan terjadi kabut asap akibat Karhutla seperti yang terjadi pada 2015.

Apalagi Sumsel banyak terdapat lahan gambut dan bila musim kemarau rawan terbakar sehingga harus dicegah sejak dini.

Sementara untuk bantuan peralatan akan dilakukan secara bertahap karena perlu disiapkan administrasi terlebih dahulu.

Sementara yang perlu dilakukan dalam pencegahan Karhutla antara lain patroli udara dan pembahasan lahan.

Memang dalam pencegahan Karhutla itu pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi(Rakor) dengan unsur terkait termasuk dengan kabupaten dan kota yang rawan kebakaran.

Dalam Rakor itu antara lain dibahas kesiapsiagaan masing - masing dinas terkait seperti Dinas Perkebunan yang secara rutin telah melakukan sosialisasi tentang pembukaan lahan dengan cara tidak membakar.