Tiga meninggal, enam luka dalam kecelakaan beruntun di Solok

id dana desa, menteri desa, alokasi dana desa, tingkatkan dana desa, anggaran dana desa, menteri desa pdtt,kecelakaan,kecelakaan beruntun,berita sumsel,

Tiga meninggal, enam luka dalam kecelakaan beruntun di Solok

Ilustrasi- Kecelakaanl (ANTARA)

Solok (ANTARA) - Tiga orang dinyatakan meninggal dan enam mengalami luka akibat kecelakaan beruntun yang terjadi di Jalan Lintas Sumatera Solok-Padang, tepatnya di dekat GOR Batu Batupang, Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Rabu sore.

"Tiga korban meninggal dunia adalah pengendara sepeda motor, dan enam orang luka-luka masih menjalani perawatan," kata Kasatlantas Polres Solok Arosuka Iptu Bayful Yendri di Arosuka, Rabu malam.

Ia menyebutkan, tiga orang meninggal, yaitu Suarti Usti (63), asal Koto Baru, Nabila (15), asal Nagari Cupak, dan Nanda Qodri (25), asal Nagari Cupak.

Sementara korban yang mengalami luka ringan dan berat Listya Rani Devina (16), asal Bukit Suliti, Halfison (50) Payakumbuh, Tommy (22), warga Piladang, Chyntia Safitri (26) Koto Baru Solok, Ade Anggraini (26) Koto Baru Solok, dan Fauzia (56) Kayu Aro Solok.

Menurutnya, kecelakaan berawal ketika satu unit mobil tangki bermuatan minyak mentah melaju kencang dari arah Kota Padang menuju Kota Solok.

Diduga mengalami rem blong, mobil tanki tersebut menyenggol satu sepeda motor Honda Beat yang berada di depannya. Hanya dalam hitungan detik, truk tangki itu kemudian menghantam mobil Mazda Biante yang persis berada di depannya.

Kecelakaan beruntun pun tak terelakkan, mobil Mazda yang dihantam dari belakang pun menghantam mobil Toyota Avanza putih yang berada di depannya, hingga terperosok ke kiri jalan dan menghantam warung kopi milik Johandi (48) yang berada di pinggir Jalan Lintas Sumatera itu.

Truk tangki yang sudah kehilangan kendali langsung menghantam beberapa kendaraan yang berada di seberang jalan yang datang dari arah berlawanan.

Usai menyenggol mobil truk Colt Diesel, truk tangki kemudian menyapu seluruh kendaraan yang berada di depannya. Setidaknya ada dua sepeda motor jenis Scoopy dan Vario dibuat ringsek, satu mobil boks L 300 terjun ke dalam sawah dengan kondisi ringsek.

Kemudian satu mobil minibus L 300 angkutan Solok-Lubuk Selasih rusak berat, hingga mobil truk tangki itu terbalik di dalam sawah dengan kedalaman lima meter dari bibir jalan dengan kondisi kepala mobil terpisah dari badan dengan seluruh roda menghadap ke atas.

Warga yang melihat kejadian itu langsung turun ke jalan menyelamatkan para korban. Para korban dilarikan ke RS Tentara Kota Solok, RSUD Arosuka dan RSU Mohammad Natsir untuk mendapat perawatan.

Sebanyak enam mobil dan dua sepeda motor terlibat dalam kecelakaan yang terjadi sebelum waktu Ashar tersebut sekitar pukul 15:30 WIB.

Saksi mata dalam kejadian itu, Johandi mengatakan, peristiwa kecelakaan itu terjadi sebelum shalat Ashar.

"Saya mendengar ada bunyi dentuman keras, dan ternyata ada kecelakaan beruntun," katanya.

Ia juga turut menjadi korban karena kedai miliknya rusak dihantam mobil yang terlibat kecelakaan.