Menteri: Pemdes bangun 191 ribu km jalan desa

id jalan,jalan desa,pembangunan desa,pemerintah desa,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera,

dokumentasi- Perbaikan jalani. (ANTARA News Sumsel/Dolly Rosana)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengatakan Pemerintahan Desa se-Indonesia telah membangun jalan desa sepanjang 191 ribu kilometer dengan menggunakan pendanaan bantuan desa.

Dana desa bantuan pemerintah pusat itu di antaranya telah dimanfaatkan untuk membangun jalan pedesaan. Jalan sepanjang ribuan KM itu tersebar di desa di Indonesia dan dilaksanakan selama empat tahun, kata Menteri usai seminar dan workshop Tata Kelola Pemdes dan Membangun Kemandirian Desa Bersama BUM Desa di Palembang, Rabu.

Namun, lanjut menteri, bila dibagi per desa diperkirakan setiap desa jalan yang telah dibangun sekitar 2,5Km.

Dengan dibangunnya infrastruktur jalan tersebut maka perekonomian desa akan semakin perkembang, kata menteri.

Selain itu juga dapat mengurangi kemiskinan di pedesaan karena selama ini terbanyak masyarakat kurang mampu berada di desa.

Oleh karena itu bantuan dana tersebut terus berlanjut karena manfaafnya cukup besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bahkan dalam lima tahun kedepan bantuan dana desa tersebut bisa mencapai Rp400 triliun.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, bantuan desa tersebut cukup bermanfaat bagi masyarakat termasuk di Sumsel.

? Bahkan dengan adanya bantuan desa tersebut infrastruktur pedesaan berkembang pesat sehingga program pemerintah pusat tersebut sangat membantu.

Dana desa tersebut dimanfaatkan berbagai jenis kegiatan dan pembangunan seperti jalan, air bersih dan jembatan serta sarana perhubungan lainnya, tambah gubernur.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar