Pemkab Muratara apresiasi TNI membangun desa di Nibung

id TMMD,tni manunggal,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan ampera,Pemkab Murat

Pemkab Muratara apresiasi TNI membangun desa di Nibung

Dandim 0406/MLM, Letkol Inf Muhammad A'an Setiawan (kanan), Bupati Musi Rawas Utara, Syarif Hidayat (tengah), Kapolres Musi Rawas, AKBP Suhendro (kiri) pada acara pembukaan TMMD ke 104 tahun 2019 Kodim 0406/MLM di Nibung, Selasa (26/2/2019). (ANTARA News Sumsel/Rahmat Aizullah/Ang/19)

Musi Rawas Utara, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, memberikan apresiasi tinggi terhadap program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 tahun 2019 Kodim 0406/MLM (Musirawas, Lubuklinggau dan Muratara).

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Muratara memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TNI, khususnya Kodim 0406/MLM," ucap Bupati Muratara, Syarif Hidayat pada acara pembukaan TMMD ke 104 Kodim 0406/MLM di Nibung, Selasa.

Selain mengapresiasi, pihaknya menyampaikan banyak terima kasih kepada TNI khususnya Dandim 0406/MLM yang telah mengadakan kegiatan TMMD ke 104 tahun 2019 di Kecamatan Nibung, Musi Rawas Utara (Muratara).
Bupati Musi Rawas Utara, Syarif Hidayat menyematkan lencana dan penyerahan secara simbolis peralatan pembangunan pada acara pembukaan TMMD ke 104 tahun 2019 Kodim 0406/MLM di Nibung.
Menurut Syarif, adanya TMMD sangat membantu Pemerintah Muratara dalam memberdayakan potensi wilayah di kehidupan bermasyarakat, kebangsaan dan bernegara.

Selain itu, TMMD juga merupakan upaya pemberdayaan wilayah pertahanan dan ikut menciptakan kondisi sosial masyarakat yang dinamis dalam rangka mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi berbagai ancaman.

"Dengan adanya program ini, diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan kemajuan masyarakat Muratara khususnya masyarakat Nibung," ujarnya.

Dia berharap masyarakat dapat mendukung penuh kegiatan TMMD ini dengan cara berpartisipasi aktif turut serta membangun infrastruktur di desa yang menjadi lokasi pelaksanaan TMMD.

"Semoga target yang ingin dicapai dalam kegiatan TMMD ini dapat terlaksana dengan baik dan mudah-mudahan atas kerjasama kita semua mayarakat, kegiatan TMMD berjalan dengan lancar," harapnya.
Seorang anggota TNI dari Satgas TNI Manunggal Membangun Desa bersama petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas Utara melaksanakan sunatan massal acara pembukaan TMMD ke 104 tahun 2019 Kodim 0406/MLM di Nibung.
Dandim 0406/MLM, Letkol Inf Muhammad A’an Setiawan menyampaikan, program TMMD atau biasa disebut 'Tentara Masuk Desa' ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan memaksimalkan pembangunan fasilitas pendukung di pedesaan.

Selain itu katanya, untuk membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, melaksanakan kegiatan serbuan teritorikal, mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh dan terpelihara serta meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat.

"TMMD juga dapat menyatukan antara TNI dengan masyarakat desa, karena pembangunan yang dikerjakan bersama masyarakat di desa itu," katanya.

Dandim menyatakan, ada dua sasaran kegiatan dalam program TMMD tersebut, yakni sasaran fisik dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, dan sasaran non fisik sebagai upaya meningkatkan wawasan masyarakat desa.

Dijelaskan, sasaran fisik seperti pembangunan jalan penghubung antar desa sepanjang 6,5 kilometer, gorong-gorong di 5 lokasi, pos keamanan lingkungan sebanyak 5 unit, rehab teras musholla, bedah rumah tidak layak huni sebanyak 1 unit, serta pembuatan 1 unit sarana untuk mandi cuci kakus (MCK) beserta 2 unit sumur bor.

Sementara sasaran non fisik, pihaknya banyak melakukan penyuluhan kepada masyarakat, seperti penyuluhan tentang bela negara, bahaya narkoba, pertanian, kehutanan, kesehatan, hukum, pembinaan mental, serta keamanan dan ketertiban masyarakat.

Untuk diketahui, hadir dalam kegiatan itu Bupati Muratara, Syarif Hidayat, Dandim 0406/MLM, Letkol Inf Muhammad A'an Setiawan, Kapolres Musi Rawas, AKBP Suhendro, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Muratara, Lia Mustika Syarif, Kepala Kantor Kemenag Muratara, Ikhsan Baijuri, sejumlah Kepala OPD, Camat, Kepala Desa, jajaran TNI dan Polri, serta tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan masyarakat sipil lainnya yang turut menyaksikan pembukaan TMMD ke 104 tahun 2019.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar