KPU OKU segera bentuk KPPS

id kpps,kpu oku,pemilu,tps,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, wong palembang, wisata pal

KPU OKU segera bentuk KPPS

Arsip- Petugas KPPS melakukan penghitungan suara di TPS. (ANTARA News Sumsel/Deny Wahyudi/Erwin M)

Baturaja, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan segera membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2019 yang dimulai pada 28 Februari - 6 Maret mendatang.

Pendaftaran KPPS ini dilakukan di seluruh PPS kelurahan dan desa yang ada di Ogan Komering Ulu (OKU)," kata Komisioner KPU OKU Divisi SDM dan Parmas, Doni Mardianto di Baturaja, Senin.

Dia menjelaskan, jumlah anggota KPPS yang akan dibentuk tersebut yaitu sebanyak tujuh orang untuk satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah itu.

"Dengan jumlah 1.243 TPS yang ada di OKU, artinya dibutuhkan sebanyak 8.701 orang KPPS untuk Pemilu 2019. Sosialisasi sudah kami lakukan dan bagi yang berminat silakan mendaftar," jelasnya.

Syarat untuk jadi KPPS ini, kata dia, antara lain berusia 17 tahun, tidak terlibat partai politik dan berdomisili di wilayah TPS tempat peserta mendaftar.

"Untuk honor atau gaji KPPS ini bervariasi yaitu Ketua KPPS sebesar Rp550 ribu, anggota Rp500 ribu dan bagi Linmas honornya Rp400 ribu," katanya.

Sementara Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya secara terpisah menambahkan dalam persiapan menjelang Pemilu 2019 saat ini pihaknya masih melakukan pembentukan Pengawas TPS yang akan diperpanjang waktu pembentukannya mulai 25-27 Februari mendatang.

"Setiap TPS ada pendaftar. Namun ada beberapa tidak memenuhi syarat dua kali kebutuhan misalnya satu TPS satu orang pendaftar dan ada juga lebih dari dua orang yang mendaftar," katanya.

Masa kerja Pengawas TPS ini, lanjut dia, yaitu selama satu bulan hingga proses pemilihan selesai dilaksanakan dengan honor yang diterima sebesar Rp550 ribu per orang.

"Kebutuhan sebanyak 1.243 orang Pengawas TPS sesuai dengan jumlah TPS yang ada di OKU," tegasnya.