Gubernur: Empat Lawang akan dijadikan sentra pangan

id Sawah,petani,empat lawang,herman deru,gubernur sumsel

Lahan sawah lebak (ANTARA)

Palembang, 22/2 (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, kabupaten Empat Lawang akan dijadikan sentra pangan terutama beras mengingat pontensi pertaniannya cukup besar.

Daerah ini dapat menjadi penghasil beras bagi Sumsel karena ada beberapa lahan persawahan belum digarap secara maksimal, kata gubernur saat bersilaturahim dengan masyarakat kabupaten Empat Lawang, Jumat.

Dia mengatakan, ada sekitar 29.507 hektare luas sawah di kawasan Pasemah Air Keruh dan bila pengelolaanya dimaksimalkan maka daerah ini mampu menambah perserdiaan beras.

Jadi jika dikelola dengan baik maka akan menjadi lumbung pangan saingan bagi Belitang, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur salah satu wilayah penghasil beras di Sumsel.

Dia mengatakan, saat dirinya menjabat bupati Ogan Komering Ulu Timur pertanian di Belitang sangat maju.

Berkat keberhasilannya memajukan sektor pertanian di Ogan Komering Ulu Timur. Dirinya mendapatkan sejumlah penghargaan dari Pemerintah pusat7 kali mendapatkan penghargaan P2BN serta penghargaan tertinggi berupa bintang jasa Pratama dari Presiden.

Begitu juga Kabupaten Empat Lawang bisa menjadi penghasil pertanian andalan bila dikelola secara maksimal.

"Jadi saya tidak main main mengenai masalah pertanian ini. Kalau mau buat saluran irigasi bila ada yang siap bertanggung jawab dirinya segera mengirim alat berat," katanya.

Gubernur berharap daerah ini harus menjadi lumbung pangan sehingga minimal dua kali panen salama setahun sehingga harus

digarap dengan baik sehingga hasil produksi meningkat.

Memang untuk memudahkan mendapatkan bantuan handtraktor, penyaluran pupuk dan sarana produksi lainnya maka diperlukan kelompok tani.

Gubernur juga berjanji dalam memajukan sektor pangan pihaknya akan pemberian bantuan sapi.

Jadi bukan saja bantuan bidang pertanian tetapi juga peternakan dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan.

Sementara tokoh masyarakat setempat Anan Cikali dalam pertemuan itu minta supaya gubernur dapat memperbaiki saluran irigasi.

Pihaknya minta agar saluran irigasi diherap kareba banyak rusak dari Bk 0 hinga Bk 10 sehingga nantinya bermanfaat untuk pengairan sawah.?

Selain itu masalah listrik dan jalan juga menjadi permasalahan di daerah ini, tambah dia.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar