Wagub: masalah sampah sudah menjadi permasalahan internasional

id Sampah,wagub,Mawardi Yahya,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan ampera

Wagub: masalah sampah sudah menjadi permasalahan internasional

Arsip- Sejumlah truk pengangkut sampah antre untuk melakukan pembuangan di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya mengatakan, masalah sampah sudah menjadi persoalan internasional bukan hanya daerah saja.

Sampah sudah menjadi persoalan kehidupan sehari-hari di seluruh penjuru daerah bahkan internasional, kata Wagub di Palembang, Jumat.

Begitu pentingnya masalah sampah tersebut pihak mengikuti Rapat Kerja Nasional "Hari Peduli Sampah Nasional" yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk membahas persoalan tersebut.

Begitu pentingnya masalah lingkungan harus bersih dari sampah tersebut karena itu dapat mengganggu kesehata

Dalam mengatasi sampah tersebut.

harus adanya kerja sama antara kabupaten dan kota yang bertetangga untuk menanggulangi permasalahan tersebut.

"Penanganan masalah sampah tidak bisa sendiri, harus melibatkan semua unsur. Kabupaten yang bertetangga harus bekerja sama, misalkan tiga daerah yakni Palembang dengan Ogan Ilir dan Banyuasin," ungkapnya.

Dengan bekerja sama antar daerah, sambungnya, sampah tersebut bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomis.

Dia menambahkan, permasalahan sampah titik beratnya pada bupati atau walikota, namun bukan berarti provinsi lepas tangan tetapi tetap wajib membantu kabupaten dan kota baik dari sisi anggaran, fisik maupun yang lainnya.

"Sebenarnya sudah menjadi kewajiban kita hidup bersih. Kemampuan Pemerintah kan terbatas, jadi sudah tanggung jawab kita semua," ujarnya.

Dirinya juga mengapresiasi langkah Wali kota Palembang, Harnojoyo yang gencar menangani permasalahan kebersihan dengan membersihkan sampah dan kali.

Namun, ada kalanya tidak hanya mengandalkan tenaga manusia, tetapi juga menggunakan teknologi.

"Ya, apa yang dilakukan Wali Kota Palembang bagus dalam menjaga kebersihan lingkungan. Tetapi, selain tenaga manusia juga perlu diiringi dengan teknologi," katanya.

Selain itu, sanitasi juga menjadi perhatian yang harus dilakukan terprogram dan terencana.

Hal ini karena banyak masyarakat yang tinggal di desa dan perairan sehingga sanitasi juga harus dipikirkan.

Pihaknya minta semya pihak untuk menjaga lingkungan, buang sampah pada tempatnya dan tidak membuang air besar sembarangan, ujar Wagub.

Selain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan saat rapat lalu mengatakan, sampah sudah masuk isu global dan harus segera diselesaikan.

Hal ini sangat beralasan mengingat sampah sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Sehubungan itu diminta gubernur, bupati, wali kota masalah sampah harus segera diselesaikan karena sangat berpengaruh pada kehidupan dan kesehatan masyarakat.