Gubernur akan prioritaskan produk pertanian lokal

id herman deru,gubernur sumsel,pertanian sumsel,hasil perkebunan sumsel,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini

Gubernur akan prioritaskan produk pertanian lokal

Gubernur Sumsel Herman Deru. (ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan akan memprioritaskan produk pertanian lokal untuk menggairahkan petani di daerah ini.

Dengan diutamakannya pangan lokal maka petani akan terpacu untuk meningkatkan produksi, kata gubernur di Palembang, Selasa.

Memang, untuk beras saat ini mengalami suplus tetapi walaupun demikian produksinya terus ditingkatkan.

Itu penting terutama dalam meningkatkan swasembada pangan yang sesuai dengan program pemerintah pusat.

Dalam rangka memberikan pelayanan terhadap akses pangan bagi warga Sumsel, Pemprov berupaya meningkatakan ketersediaan pangan dengan memprioritaskan hasil produksi sendiri.

Pemerintah Provinsi akan bersinergi dan berintegrasi dengan Pemerintah Kabupaten dan kota dalam penyelenggaraan cadangan pangan ini, imbuhnya.

Adapun strategi yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi Sumsel untuk untuk meningkatkan cadangan pangan dengan mengoptimalkan lahan tidur.

Selain itu melalui perluasan lahan, cetak sawah dan mengoptimalkan pemanfaatan lahan rawa baik pasang surut maupun lebak guna meningkatkan itensitas pertanaman dan produktivitas lahan.

Kita akan terus upayakan ada peningkatan produksi tanaman pangan terutama bahan pangan pokok berupa beras, tegasnya.

Pemerintah Provinsi akan mensinergikan Raperda Tentang Penyelenggaraan Pangan Pokok Provinsi dengan penegakan hukum terhadap Perda Nomor 21 Tahun 2014 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

Pihaknya juga akan merangsang petani tetap melakukan usaha tanam padi dengan cara perbaikan mutu, harga dan jaminan pasar beras, tambah dia.