PSSI: Juara Piala Presiden 2019 raih Rp3,3 miliar

id Piala presiden,juara piala presiden,hadian piala presdein,jokowi,pssi,tim indonesia,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang

PSSI: Juara Piala Presiden 2019 raih Rp3,3 miliar

Piala Presiden. (ANTARA News Sumsel/PSSI)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Iwan Budianto mengatakan, juara turnamen pramusim Piala Presiden 2019 akan meraih hadiah uang tunai sebesar RP3,3 miliar.

"Tim juara akan mendapatkan Rp3,3 miliar dipotong pajak. Persis seperti edisi tahun lalu," ujar Iwan, yang juga ketua panita pelaksana (OC) Piala Presiden 2019, dalam acara penentuan jadwal Piala Presiden 2019 di Jakarta, Selasa.

Hadiah "runner up" turnamen juga sama dengan edisi tahun 2018 yaitu berhak meraup Rp2,2 miliar. Namun, penurunan hadiah terjadi untuk peringkat ketiga yang kini hanya mendapatkan Rp750 juta. Jumlah yang sama juga akan diperoleh tim peringkat keempat.

Iwan melanjutkan, beberapa kategori terbaik lain di Piala Presiden 2019 juga akan diberikan apresiasi. Pencetak gol terbanyak memperoleh Rp150 juta, pemain terbaik Rp250 juta, pemain muda terbaik Rp150 juta dan wasit terbaik Rp50 juta.

Begitu pula dengan biaya pertandingan (match fee), yang juga tidak ada perubahan dari tahun 2018. Di Piala Presiden 2019, setiap tim mendapatkan Rp125 juta jika memenangkan pertandingan, Rp75 juta jika kalah dan Rp100 juta kalau laga berakhir imbang.

Selain itu, dengan konsep lima tuan rumah di fase grup, setiap tim yang berstatus tandang akan memperoleh subsidi transportasi sebesar Rp100 juta.

Sementara untuk tuan rumah diberikan subsidi Rp800 juta yang nantinya digunakan untuk menjamu tiga klub lainnya di babak grup. Sebagai informasi, ada lima grup Piala Presiden 2019 yang masing-masing beranggotakan empat tim. Satu tim sebagai tuan rumah dan lainnya tim tandang.

Wakil Ketua OC yang juga direktur stasiun televisi pemegang hak siar Piala Presiden 2019 Harsiwi Achmad menambahkan, pihaknya akan menayangkan secara langsung seluruh pertandingan turnamen pramusim yang pertama kali berlangsung pada tahun 2015 tersebut.

Selain melalui televisi, yang disebut tidak akan diacak jika ditonton melalui antena biasa, semua laga itu juga dapat disaksikan secara "streaming" melalui laman daring.

Piala Presiden 2019 sendiri dilaksanakan mulai 2 Maret 2019 dengan pertandingan pembuka dari Grup A yaitu Persib Bandung versus Tira-Persikabo di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat.

Terkait jadwalnya, Iwan Budianto menyebut masih akan disesuaikan dengan pihak pemegang hak siar. Iwan menyebut, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan menghadiri pembukaan yang akan diisi oleh beberapa acara tersebut.

"Insya Allah turnamen ini akan dibuka Presiden," kata Iwan.

Berikut pembagian grup resmi Piala Presiden 2019.

Grup A - digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung: Persib Bandung (tuan rumah), Persebaya Surabaya, Perseru Serui dan Tira-Persikabo. Grup B - digelar di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi: Bhayangkara FC (tuan rumah), Semen Padang, Bali United dan Mitra Kukar. Grup C - digelar di Stadion Moch. Soebroto, Magelang: PSIS Semarang (tuan rumah), PSM Makassar, Persipura Jayapura dan Kalteng Putra. Grup D - digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman: PSS Sleman (tuan rumah), Persija Jakarta, Madura United dan Borneo FC. Grup E - digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang: Arema FC (tuan rumah), Persela Lamongan, Persita Tangerang dan Barito Putera.