KPU OKU catat 12 TPS rawan

id tps,kpu oku,tps rawan,rawan keributan pemilu,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, won

KPU OKU catat 12 TPS  rawan

Seorang warga memasukkan surat suara ke dalam kotak suara saat menggunakan hak pilih di TPS. (ANTARA)

Baturaja, Sumsel, 15/2 (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mencatat sebanyak 12 Tempat Pemungutan Suara di wilayah setempat rawan karena jarak tempuh jauh dan sulit dijangkau dalam pendistribusian logistik Pemilu 2019.

"Jarak tempuh ke 12 Tempat Pemungutan Suara (TPS) ini cukup jauh dan sulit dijangkau sehingga termasuk kategori rawan," kata Ketua KPU Ogan Komering Ulu (OKU), Naning Wijaya di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan, dari 1.243 TPS yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten OKU, 12 diantaranya masuk kategori rawan karena jarak tempuhnya jauh dan kondisi jalan hanya bisa dilewati kendaraan roda dua jenis trail.

"Sebanyak 12 TPS jauh tersebut tersebar di empat kecamatan di OKU meliputi Kecamatan Sosoy Buay Rayap, Lengkiti, Peninjauan dan Kecamatan Ulu Ogan," jelasnya.

Dalam pendistribusian logistik ke TPS rawan tersebut, kata dia, pihaknya menyiapkan kuda guna mengangkut perlengkapan pemilu seperti kotak suara dan bilik suara agar sampai tepat waktu sebelum hari pencoblosan.

"Jadi tidak akan menggangu pendistribusian logistik pemilu dipastikan H-3 harus sudah sampai ke PPK dan H-1 tiba di TPS," tegasnya.

Dia mengemukakan, kuda tersebut milik warga setempat yang disewa untuk mengangkut logistik jika kondisi jalan sulit dilintasi oleh kendaraan roda dua.

"Karena jalan menuju TPS tersebut membutuhkan waktu dua jam itupun jika jalannya kering. Sebaliknya bila hujan mengguyur bisa membutuhkan waktu lima jam lebih," ujar dia.