Restorasi Sungai Sekanak-Lambidaro butuh Rp254 miliar

id sekanak,reskoran,objek witata palembang,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, wong palem

Restorasi Sungai Sekanak-Lambidaro butuh Rp254 miliar

Wali Kota Palembang Harnojoyo (kiri) bersama Direktur PT ICI Paints Indonesia Jun De Gips (kanan) berdiri di muka kapal menyusuri anak sungai usai meresmikan Sekanak. ANTARA Sumsel/Feny Selly

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Perestorasian Sungai Sekanak-Lambidaro sepanjang 10,9 kilometer diperkirakan membutuhkan dana Rp254 miliar sehingga pemerintah setempat akan mencari tambahan dari pihak lain jika nantinya APBD tidak mencukupi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan PUPR Palembang, Bastari di Palembang, Jumat, mengatakan, terdapat tiga sumber yang diupayakan yakni APBD provinsi, dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan pinjaman bank.

"Kami lagi mengkaji, yang mana yang memungkinkan," ujar dia.

Ia menambahkan pemerintah kota menargetkan perestorasian itu akan dimulai pada Juni 2019 hingga 2022 untuk mendukung program pencegahan banjir.

Namun, perencanaan ini dapat berubah tergantung dengan ketersediaan dana. Jika data terbatas maka pemkot akan dibuatkan skema multiyears, kata dia.

Ia menjelaskan kebutuhan dana tersebut akan dialokasikan untuk pengerukan, pemasangan dinding, perombakan jembatan, penyediaan fasilitas ruang terbuka hijau dan penerangan.

Program perestorasian ini sebenarnya meneruskan perestorasian tahap pertama di Sungai Sekanak pada 2018. Namun, saat itu hanya sepanjang 700 meter dengan dana Rp7,5 miliar.

Pada perestorasian tahap pertama itu, pemkot banyak dibantu perusahaan swasta melalui pemanfaatan dana CSR dalam waktu enam bulan.

Kala itu, Pemkot ingin menjadikan Sungai Sekanak sebagai destinasi wisata di Palembang untuk menyambut Asian Games XVIII 2018.