Palembang-Houston kerja sama kota kembar

id pemkot,palembang,sampah,medis,Harnojoyo,kota kembar,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampe

Palembang-Houston kerja sama kota kembar

Walikota Palembang Harnojoyo. (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/EM)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kota Palembang dan Kota Houston di Amerika Serikat akan menjalin kerja sama sebagai kota kembar dalam bidang peningkatan sumber daya manusia, sosial, ekonomi dan budaya.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Jumat, mengatakan, kesepakatan untuk berkerja sama ini sudah disampaikan Pemerintah Kota Palembang ke Konsul Jenderal Republik Indonesia-Houston Nana Yuliana di Jakarta, Rabu (13/2).

"Palembang memilih Houston karena memiliki kemiripan. Ada potensi energi, tapi juga ada potensi sport juga," katanya.

Ia mengatakan, Palembang sebagai ibu kota Sumatera Selatan menjadi lokasi kilang minyak milik Pertamina. Selain itu, ada juga stasiun gas bumi.

Sedangkan untuk bidang olahraga, Palembang memiliki kawasan olahraga bertaraf internasional "Jakabaring Sport City" yang sudah digunakan pada perhelatan SEA Games 2011, Islamic Solidarity Games 2013 dan Asian Games 2018.

Adapun keinginan Pemkot Palembang untuk bekerja sama tak lain karena ingin mengembangkan sektor lain seperti pariwisata. "Kami ingin melihat bagaimana suatu kota yang ada kemiripan dengan Palembang mengembangkan pariwisatanya," katanya.

Selain pariwisata, Harnojoyo juga penasaran dengan bagaimana Houston mengolah sampah karena berdasarkan informasi yang dihimpunnya, kota terbesar nomor empat di Amerika Serikat ini sangat baik dalam mengelola sampah medis.

Untuk mewujudkan kerja sama ini, Harnojoyo berencana hadir pada acara Sister City Internasional di Houston pada 17-19 Juli mendatang.

"Momentum tersebut bisa sekaligus sebagai penandatanganan kerja sama kedua kota ini. Saya juga berharap ada investor asal Houston yang tertarik investasi di Palembang," katanya.