Sumsel - Malaysia akan tingkatkan kerja sama ekonomi

id Kerja sama,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, wong palembang, wisata palembang,objek

Sumsel - Malaysia akan tingkatkan kerja sama ekonomi

Gubernur Sumsel Herman Deru. (ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, daerah ini akan meningkatkan kerja sama dengan Malaysia di bidang perekonomian karena daerah ini memiliki potensi sektor unggulan perkebunan, pertanian, pariwisata dan budaya.

"Apalagi antara Sumsel dan Malaysia sebagai negara serumpun Melayu juga banyak kesamaan kultur dan budaya sehingga kerja sama perlu terus dijalin," kata gubernur saat menerima Konsulat Jenderal Malaysia untuk Indonesia di Palembang, Kamis.

Sumatera Selatan dengan Malaysia banyak kesamaan dari berbagai sektor unggulan seperti seni dan budaya serta kuliner.

Jadi kunjunganKonsulat Jenderal Malaysia ini, ujar gubernur, merupakan awalyang baik guna mengeratkan kembali kerja sama yang telah terjalin sebelumnya.

Gubernur berharap kedepan kerja sama bidang budaya kembali disemarakan lagi salah satunya yang pernah ada yakni Dunia Melayu Dunia Islam.

"Saya intruksikan agar Dinas Pariwisata menghidupkan kembali kerja sama bidang budaya ini antara Sumsel dengan Malaysia yakni Dunia Melayu Dunia Islam," katanya.

Ia menegaskan, kolaborasi seni dan tari-tarian tradisional harus dihidupkan kembali karena banyak kemiripan antara budaya Sumsel dan Malaysia terutama di negara bagian Malaka dan Johor Bahru.

Sementara potensi alam Sumselmasih sangat besar untuk digali dan dikembangkan seperti sektor perkebunan, pertanian, pariwisata dan sektor pendidikan.

Sumsel masih memiliki potensi yang sangat besar untuk digarapdan dikembangkanterutama sektor pariwisata, perkebunan dan pendidikan.?

Sementara itu Konsulat Jenderal Malaysia YM. Encik Amizal Fadzli Bin Rajali mengatakan, jalinan kerja samabegitudekat antara dua negara Indonesia-Malaysia sehingga diharapkan dapat membantu program kepariwisataan.

"Kami jauh datang dari Medan. Siap membantu program kepariwisataan di Sumsel.Kami sepakat kerja sama dengan Sumsel yang telah lama terjalin tetap ditingkatkan, tambah dia.