Menristekdikti dorong PTS tingkatkan kualitas raih akreditasi A

id Menristekdikti,perguruan tinggi swasta,akreditasi,akreditasi perguruan tinggi swasta,akreditasi kampus,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel

Menristekdikti dorong PTS tingkatkan kualitas raih akreditasi A

Menristekdikti Mohamad Nasir. (ANTARA/Fransiska Ninditya)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi(Menristekdikti), Mohamad Nasir mendorong perguruan tinggi swasta(PTS) agar meningkatkan kualitasnya untuk meraih akreditasi A.

"Saya mendorong PTS untuk meningkatkan kualitasnya ya, jangan banyak protes, tetapi bagaimana meningkatkan kualitas," katanya di Jakarta, Selasa.

Dari 36 PTS yang sudah terakreditasi A baru-baru ini, 13 diantaranya berada di Jakarta.

Hal tersebut karena PTS di Jakarta ditunjang oleh ketersediaan infrastruktur, sumber daya manusia(SDM) dan teknologi yang lebih baik.

"Karena berada di ibu kota, infrastruktur yang tersedia lebih baik, masyarakatnya lebih baik, informasi mudah diakses," kata Menristekdikti.

Meski mengakui bahwa PTS di Jakarta lebih unggul. Namun ia meyakini bahwa PTS di luar Jakarta juga mampu meraih akreditasi A dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

"Karena sekarang dengan teknologi informasi, jarak tidak menjadi masalah. Meski jauh, dengan teknologi informasi, semua bisa setara," ujarnya.

Menristekdikti menjabarkan, sejumlah upaya yang harus dilakukan PTS untuk mendapatkan akreditasi A, diantaranya harus memiliki komitmen untuk mendapatkan akreditasi A.

Kemudian, PTS juga diminta memiliki sistem yang terintegrasi dalam administrasi, baik di akademik, keuangan dan lainnya.

Selanjutnya, harus ada peningkatan budaya mutu pada perguruan tinggi tersebut.

"Hal itu penting karena perguruan tinggi yang telah mendapat akreditasi A berkewajiban untuk terus menjaga mutunya," tandas Menristekdikti.