Pegadaian gandeng 11 perguruan tinggi gelar program magang

id Pegadaian,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan ampera,PT Pegadaian,program

Pegadaian gandeng 11 perguruan tinggi gelar program magang

Pagadaian. (Ist)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - PT Pegadaian menggandeng 11 perguruan tinggi untuk program magang bersertifikat bagi mahasiswa di Indonesia.

Direktur Sumber Daya Manusia dan Hukum Pegadaian Edi Isdwiarto mengatakan program pemagangan merupakan bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara perguruan tinggi dan Pegadaian.

"Para mahasiswa magang nantinya akan bekerja secara langsung dibawah bimbingan staf yang telah ditunjuk oleh perusahaan dan menguasai keterampilan atau keahlian tertentu, serta dikoordinasikan melalui Forum Human Capital Indonesia," kata Edi melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Ia menyebutkan perguruan tinggi yang terlibat dalam program tersebut di antaranya Institut Sepuluh November (ITS), Universitas Gajah Mada, Universitas Indo Global Mandiri, Universitas Sari Mutiara Indonesia, dan Universitas Singaperbangsa Karawang.

Kemudian Universitas Satya Negara Indonesia, Poltek Negeri Malang, Universitas LP3I Medan, Politeknik Pos Indonesia, Universitas Alma Ata, dan Universitas Darma Persada. Ada pun jumlah peserta magang untuk tahap awal sebanyak 43 mahasiswa dari 11 universitas yang mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat.

Edi menjelaskan kriteria peserta yang mengikuti program tersebut terdiri dari usia paling rendah 17 tahun, sehat jasmani dan rohani, dan jurusan pendidikan yang diterima disesuaikan dengan bidang kerja yang tersedia di perusahaan.

Dalam program ini, peserta akan dibimbing oleh seorang yang ahli pada bidangnya dengan memiliki kriteria seperti, memiliki kompetensi teknis dalam jabatan yang sesuai dengan program pemagangan, memiliki kompetensi metodologi pelatihan, ditunjuk melalui Surat Tugas (SK) dan memahami regulasi pemagangan.

Program Magang Mahasiswa Bersertifikat bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang dapat bersaing di pasar global.

Seperti diketahui, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat ini sedang menggalakkan program magang bersertifikat, bekerja sama dengan 25 universitas baik universitas swasta maupun universitas negeri.