Babinsa bantu petani berantas hama padi

id Babinsa,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini,petani,hama padi,perusak tanaman padi

Dokumentasi- Ratusan Babinsa TNI-AD. (ANTARA/Doly Rosana)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 406-09/Terawas Kodim 0406/Musirawas, Sumatera Selatan, Kopda Lamuji membantu petani memberantas hama padi di daerah itu.

Pembasmian hama padi bersama Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) ?itu dilaksanakan melalui penyemprotan, kata Babinsa di Terawas, Senin.

Penyemprotan itu penting untuk mengantisipasi hama ulat, belalang maupun wereng yang sering menyerang padi.

Waktu yang tepat untuk menyemprot tanaman padi saat mulut daun padi mulai terbuka, sehingga cairan pestisida akan lebih mudah diserap tanaman hingga masuk ke dalam lapisan jaringan.

?Sekarang ini musim hujan, tentu petani harus waspada terhadap hama wereng, tikus hingga belalang di tanaman mereka," kata dia.

? Oleh karena itu pemeliharaan tanaman padi ini harus dilakukan secara maksimal sehingga padi tumbuh dengan subur.

Selain itu dalam penyemprotan perlu teknik tersendiri agar tamanan padi tidak mati.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Sugianto mengatakan, saat ini padi petani tumbuh sumbur, namun hama mulai berdatangan sehingga perlu diantisipasi.

Oleh karena itu Babinsa bersama PPL melakukan penyemprotan hama yang dilakukan lebih awal.

"Terima kasih kepada Babinsa dan PPL yang telah memberikan perhatian dengan tanaman padi kami. Dengan adanya bantuan tersebut pihaknya sangat bangga dan senang dengan TNI," ujar dia.

Bahkan dengan berpakaian loreng lengkap ikut turun ke sawah, tambah dia.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar