MTQ ke V tingkat Kabupaten Muratara sukses

id Mtq,Muratara,Bupati muratara,Sumsel

MTQ ke V tingkat Kabupaten Muratara sukses

Bupati Muratara, Syarif Hidayat menyerahkan piala bergilir kepada Camat Nibung, Meizar Sukarda sebagai kafilah yang mendapat peringkat juara umum pada perhelatan MTQ ke V tingkat Kabupaten Muratara tahun 2019 di Kelurahan Karya Makmur, Jumat (8/2/2019). (ANTARA News Sumsel/Rahmat Aizullah/EM/19)

Musi Rawas Utara (ANTARA News Sumsel) - Penyelenggaran lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an ke V tingkat Kabupaten Musi Rawas Utara tahun 2019 di Kelurahan Karya Makmur, Kecamatan Nibung, Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan berjalan sukses.

"MTQ ke V secara resmi ditutup oleh Bupati Muratara, kegiatannya berjalan lancar, aman, kondusif dan sukses," kata Ketua panitia pelaksana MTQ ke V tahun 2019, Hoiruddin di Musi Rawas Utara (Muratara), Jumat (8/2).

Dia mengatakan, kafilah yang mendapat peringkat juara umum adalah kafilah dari Kecamatan Nibung, sementara juara kedua diraih oleh Kecamatan Rupit, juara ketiga Kecamatan Ulu Rawas, juara keempat Kecamatan Karang Dapo, juara kelima Kecamatan Karang Jaya, juara keenam Kecamatan Rawas Ulu, dan juara ketujuh atau terakhir diraih Kecamatan Rawas Ilir.

Para pemenang MTQ tersebut katanya diberikan hadiah berupa tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan, serta akan ditraning center untuk mewakili Kabupaten Muratara pada perhelatan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

"Mereka akan kami persiapkan untuk mengikuti STQ ke 25 tingkat Provinsi Sumsel tahun 2019 pada April mendatang, kebetulan kami Kabupaten Muratara dipercaya menjadi tuan rumahnya," kata Hoiruddin.

Bupati Muratara, Syarif Hidayat menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan memberikan kontribusi bagi kesuksesan penyelenggaraan MTQ ke V tingkat Kabupaten Muratara.

"Kita semua berharap, semoga suasana yang kondusif, damai, religius, tanpa konflik dalam penyelenggaraan MTQ tahun ini tetap terpelihara dan dikembangkan dalam menyongsong hari-hari mendatang," katanya.

Lanjut Bupati, kegiatan ini merupakan wahana untuk mengembangkan tilawah, hafalan serta pendalaman Al-Qur'an, sehingga semangat untuk membaca, menghayati dan mengamalkan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari harus menjadi kebutuhan setiap muslim.

Oleh sebab itu katanya diperlukan perhatian, keterlibatan dan tanggungjawab seluruh komponen masyarakat dan jajaran pemerintah, agar penyelenggaraan kegiatan MTQ ini tampak dan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan masyarakat kita ke depan.

Kepada para peserta yang meraih peringkat juara pada masing-masing cabang yang diperlombakan dalam MTQ ini, Bupati Syarif mengucapkan selamat dan diharapkan prestasi yang telah diraih itu bisa dipertahankan serta ditingkatkan di masa yang akan datang.

"Setelah ini siapkan diri saudara untuk mewakili Kabupaten Muratara dalam menghadapi STQ tingkat Provinsi Sumsel pada bulan April nanti, sebagai tuan rumah, kita harus memberikan usaha yang terbaik untuk menjadi juara di berbagai cabang yang dilombakan," ujarnya. 

Bupati Syarif menambahkan, bagi peserta yang belum berhasil menunjukkan prestasinya dalam even MTQ tahun ini agar jangan berkecil hati dan teruslah berlatih serta memacu diri untuk berprestasi pada kesempatan yang akan datang. 

"Saya mengingatkan baik kepada yang menang ataupun yang belum berhasil, bahwa semangat bermusabaqoh untuk meraih penghargaan tidak selayaknya sampai menggeser niat ikhlas untuk meningkatkan syiar Al-Qur'an dan membudayakan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari," katanya. 

Bupati Syarif juga menyampaikan ucapan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya dan setulus-tulusnya kepada jajaran Dewan Hakim yang telah bekerja maksimal untuk memberikan penilaian yang objektif selama berlangsungnya MTQ ke V tahun 2019.

 
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar