Jasa kapal cepat ambil untung dari kenaikan tarif pesawat

id Kapal Cepat Expres Bahari,kapal cepat,delay,pesawat,kargo,viral

Jasa kapal cepat ambil untung dari kenaikan tarif pesawat

ilustrasi - Kapal cepat . (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kenaikan tarif perjalanan pesawat memberikan dampak  bagi penyedia jasa kapal cepat rute Palembang - Bangka dengan adanya peningkatan jumlah penumpang.

Seperti kata Manajer Marketing Kapal Cepat Expres Bahari Dian Nugraha, ia mengatakan jumlah penumpang meningkat sekitar 15 persen. 

"Pada awal-awal tarif pesawat naik ada peningkatan jumlah penumpang, bahkan banyak penumpang itu langganan lama yang beralih lagi menggunakan kapal," ujar Dian Nugraha kepada Antara News Sumsel, Kamis.

Menurutnya peningkatan sudah terdeteksi sejak akhir tahun 2018 bertepatan dengan momen libur Natal dan tahun baru, namun peningkatan masih berlangsung sampai saat ini, padahal tahun sebelumnya jelang Februari biasanya ada penurunan.

Pihaknya pun memutuskan terus memberlakukan operasional perjalanan rute Palembang - Bangka setiap hari, tidak lagi 4 kali seminggu, jumlah penumpang sendiri saat ini rata-rata 200 orang tiap keberangkatan.

"Terutama saat akhir pekan bisa sampai 400 penumpang, karena masih ada rentetan perayaan Imlek kan, jad banyak yang dari Palembang itu ke Pulau Bangka," ungkap Dian Nugraha.

Namun meski ramai penumpang, pihaknya harus menghadapi kondisi cuaca buruk angin kencang dan gelombang tinggi di perairan Selat Bangka beberapa bulan terakhir, hal tersebut cukup mengganggu pelayaran.

"Keberangkatan kapal jadi lebih sering delay karena kami harus perhatikan ketinggian gelombang, kalau sampai tinggi lebih dari 2 meter kami tunda dulu keberangkatan, yah tentu ada kecewa dari penumpang tapi secara keseluruhan masih aman. Kami berharap memasuki pertengahan Februari cuaca akan membaik," tambah Dian