Wagub minta penggunaan dana desa di Sumsel tepat sasaran

id dana desa,Wakil Gubernur Sumatera Selatan,Mawardi Yahya,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang h

Ilustrasi- Dana desa (ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya meminta penggunaan dana desa harus tepat sasaran agar dapat mengurangi kemiskinan di daerah setempat.

Sumatera Selatan masih banyak masyarakat miskin yang diharapkan dana desa dapat meningkatkan kesejahteraan warga, kata Wagub di Palembang, Kamis.

Bahkan masyarakat miskin justru banyak berada di daerah yang kaya sumber daya alam seperti gas dan pertambangan batubara.

Jadi penggunaan dana desa yang cukup besar itu harus tepat sasaran dan jangan digunakan untuk kepentingan pribadi.

Dana desa itu diharapkan dapat dipergunakan untuk membangun desa yang maju dan bisa mensejahterakan masyarakat desa, namun tetap menghindari penyelewengan dalam pengelolaan.

Memang ada beberapa desa yang memanfaatkan program berjalan baik, namun tidak sedikit membawa malapetaka perpecahan pimpinan dalam masyarakat

Menurut dia, kalau dana desa bisa membawa manfaat dan meningkatkan kesejahteraan dirinya yakin itu akan terus berlanjut, namun bila lebih banyak mudharatnya maka perlu dievaluasi.

Melihat program dana desa masih belum berjalan baik, keterlibatan para konsultan atau tenaga ahli pemberdayaan kabupaten, pendamping Desa dan lokal yang ditugaskan maka harus berperan aktif.

Pendamping harus melakukan pembinaan di lapangan sehingga dana desa benar - benar bermanfaat bagi masyarakat.

Apalagi Gubernur dan Wakil Gubernur mempunyai tanggung jawab terhadap dana APBN dan berhak dalam bidang pengawasan melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) yang merupakan perpanjangan dananya dari APBN.

Jadi peran Pemerintah Provinsilah berkewajiban mengawasi kegiatan program dana desa tersebut karena sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah.

Pemerintah senantiasa berupaya agar dana desa bisa semakin berpihak pada masyarakat miskin. Selain itu, regulasi yang di susun pun menghasilkan sistem pengelolaan dana desa yang yang efektif, efisien dan akuntabel, ujar dia.

Bila itu dilakukan maka tujuan pemerintahan melalui pengalokasian dana desa untuk mengurangi kemiskinan akan dapat terwujud, tambah Wagub.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar