20 duta besar siap hadiri HPN 2019

id Hari Pers Nasional,Hari Pers Nasional 2019,kegiatan Hari Pers Nasional,Bob Iskandar,Joko Widodo,Presiden RI

Stand Antara dalam memeriahkan HPN. (ANTARA/Abdul Maril Gafur)

Surabaya (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak 20 duta besar dari berbagai negara sahabat siap menghadiri puncak kegiatan Hari Pers Nasional 2019 di Kota Surabaya, Jawa Timur pada 9 Februari 2019.

"Sebetulnya ada 23 duta besar yang diundang. Tapi yang bisa hadir 20 duta besar, sedangkan duta besar lainnya tidak bisa hadir karena ada suatu hal atau tugas dari negaranya, sehingga hanya bisa mengirim perwakilan saja," kata Ketua Bidang Tamu-Tamu Asing Panitia Pusat Hari Pers Nasional (HPN) 2019, Bob Iskandar saat ditemui Antara di Surabaya, Kamis.

Adapun duta besar negara sahabat yang sudah konfirmasi hadir yakni Amerika Serikat, Rusia, Mesir, Armenia, Pakistan, Maroko, Jepang dan lainnya.

"Mereka ada yang sudah tiba di Surabaya pada Kamis pagi ini, tapi ada juga yang Kamis sore atau besok Jumat (8/2) pagi," katanya. Menurut dia, kehadiran para duta besar kali ini dalam rangka ikut meramaikan puncak peringatan HPN 2019 di Surabaya yang rencananya akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Kegiatan ini, lanjut dia, sudah menjadi agenda tahunan bagi para duta besar. Ia menjelaskan untuk mengundang para duta besar itu tidak mudah karena perlu waktu lama untuk memutuskan. Untuk panitia pusat, lanjut dia, telah melakukan persiapan selama empat bulan.

"Kami sudah menghubungi duta besar negara-negara sahabat mulai jauh-jauh hari mulai Oktober 2018," kata Bob Iskandar yang juga Direktur Konfederasi Wartawan ASEAN, Hubungan Internasional dan Kerja Sama, Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ini.

Selain menghadiri acara puncak HPN, lanjut dia, mereka juga juga menghadiri acara forum investasi Jawa Timur yang dibuka langsung Gubernur Jatim Soekarwo di Hotel Majapahit Kamis ini.

Pada forum investasi tersebut akan ada presentasi seputar potensi yang cocok untuk berinvestasi di Jawa Timur.

"Diharapkan melalui forum itu bisa memberikan informasi kepada para duta besar agar ikut berpartisipasi dalam investasi melalui proyek-proyek yang memang sudah direncanakan pemerintah daerah," katanya.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar