Korem Garuda Dempo latihan pengamanan Pemilu 2019

id tni,Korem Garuda Dempo,pemilu,pengamanan pemilu,pemilu 2019,jokowi,prabowo,calon presiden,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palem

Korem Garuda Dempo latihan pengamanan Pemilu 2019

Arsip- Prajurit TNI AD satuan tempur Korem 044 Garuda Dempo (Gapo) . (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin M)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Jajaran Komando Resor Militer 044/Garuda Dempo melaksanakan latihan pengamanan guna meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan satuan dalam menghadapi Pemilu 2019.

Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono di Palembang, Rabu mengatakan, dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan Pemilu serentak untuk memilih anggota Legislatif dan Presiden.

Jadi pelaksanaan pesta demokrasi tersebut harus berjalan lancar yang antara lain jaminan keamanannya harus selalu terjaga.

Apalagi Korem 044/Gapo bagian dari TNI yang mempunyai tugas dan kewajiban untuk menjaga kedaulatan negara, dengan peran aktif membantu Polri dan Pemda menciptakan stabilitas keamanan wilayah.

Begitu juga pelaksanaan Pemilu nantinya pihaknya membantu aparat kepolisian dalam pengamanan pesta demokrasi mendatang, ujar dia.

Sementara latihan sendiri bertujuan agar seluruh prajurit Korem 044/Gapo memiliki kemampuan dan keterampilan yang handal dalam setiap pelaksanaan tugasnya dalam pengamanan.

Dengan adanya latihan tersebut diharapkan dapat terwujud sinergitas antara instansi terkait seperti Polri dan Pemda setempat,

Sehubungan itu latihan benar-benar menjadi acuan pada pelaksanaan tugas pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden yang sebenarnya, ujar Danrem.

Adapun materi yang akan diberikan dalam latihan antara lain meliputi komunikasi sosial, pembinaan ketahanan wilayah, penanggulangan kerusuhan massa, penanganan konflik sosial dan pengamanan obyek vital.

Selain itu juga latihan prosedur pengerahan pasukan untuk melaksanakan pengamanan, komunikasi dan informasi serta aplikasi pengawasan Pemilu.

Kegiatan latihan pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 ini diikuti 829 personel jajaran Korem 044/Gapo yang terdiri dari 84 orang penyelenggara dan 745 orang pelaku yang akan dilaksanakan selama tiga hari.