BMKG: 14 kabupaten berpotensi hujan petir

id Bmkg,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini

BMKG: 14 kabupaten berpotensi hujan petir

Prakiraan probabilistik curah hujan di wilayah Sumatera Selatan. (Dok.BMKG Sumatera Selatan)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merilis 14 kabupaten di Sumatera Selatan berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir pada Selasa, sehingga warga sekitar diharapkan waspada.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Bambang Benny Setiaji di Palembang menjelaskan, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang terjadi di wilayah Banyuasin, Palembang, OKI, Ogan Ilir, Muara Enim, Penukal Abang Lematang Ilir, Lahat, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, OKU Timur, Pagar Alam, Musi Rawas dan Musi Banyuasin.

"Durasinya singkat pada siang hingga malam hari, warga diminta waspada," kata dia.

Peringatan ini merujuk pada kejadian tanah longsor di Desa Jati, Kabupaten Lahat akibat hujan yang terjadi terus menerus pada apa Jumat (1/2) dini hari.

Kejadian ini menyebabkan ruas jalan nasional yang menghubungkan Kota Pagar Alam ke Kabupaten Lahat di Sumatera Selatan putus total karena jalan terputus sejauh 30 meter.

Sementara itu, berdasarkan perkiraan BMKG pada pagi hari akan cerah berawan dengan potensi hujan lokal di wilayah Banyuasin dan OKI.

Sementara pada siang hari diperkirakan berawan dengan potensi hujan petir di wilayah Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas, OKI, OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Palembang, Ogan Ilir, Pagar Alam dan Lahat; potensi hujan lokal di wilayah Musi Rawas Utara, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Muara Enim, PALI dan Prabumulih.

Sedangkan pada malam hari akan berawan dengan potensi hujan disertai petir di wilayah OKI, OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Musi Rawas, Musi Banyuasin, PALI, Muara Enim, Lahat dan Prabumulih. Potensi hujan lokal terjadi di wilayah Ogan Ilir, Empat Lawang, Pagar Alam, Musi Rawas Utara dan Banyuasin.

Pada dini hari akan berawan dan udara kabur/berkabut; potensi hujan lokal di wilayah PALI, Musi Banyuasin, Musi Rawas Utara, Prabumulih, Muara Enim, Ogan Ilir dan OKI.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI : 24 - 31 C, kelembaban udara 65 persen - 98 persen.

Suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat, Pagar Alam dan OKU Selatan : 18 - 30 C; kelembaban udara 70 persen - 100 persen.Angin : Barat Daya - Utara dengan kecepatan 03 - 30 km/jam. Tinggi gelombang laut : di Selat Gelasa; Selat Bangka bagian Utara dan Selatan 0.3 - 1.1 m; Cuaca : Berawan; Angin : Barat Laut - Utara dengan kecepatan 10 - 27 km/jam.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar