Seleksi masuk Politeknik Negeri dimulai 4 Februari

id tes smptn,politeknik negeri,tes politeknik negeri,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini

Seleksi masuk Politeknik Negeri dimulai 4 Februari

Arsip - Sejumlah peserta Tes Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Neger. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Jakarta (ANTARA News Sumsel)- Ketua Forum Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri Indonesia Zainal Nur Arifin mengatakan seleksi masuk politeknik neger dimulai pada 4 Februari.

"Seleksi masuk untuk politeknik dimulai hari ini," kata Zainal dalam keterangan pers di Jakarta, Senin.

Terdapat dua jalur seleksi mahasiswa politeknik negeri yaitu jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPN).

Dia mengatakan bahwa politeknik negeri merupakan salah satu pilihan siswa-siswi Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Politeknik menghasilkan lulusan terampil dan memiliki sertifikasi, sehingga dapat bersaing di dunia kerja dan industri.

"Seringkali siswa hanya mengandalkan SNMPTN dan SBMPTN untuk kuliah di perguruan tinggi negeri, padahal mereka juga bisa mendaftarkan diri melalui jalur PMDK-PN dan UMPN untuk masuk Politeknik Negeri," ungkap Zainal.

Dia menjelaskan, PMDK-PN merupakan jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri vokasi dengan menggunakan seleksi akademik dan prestasi nonakademik. Jalur ini dibuka untuk lulusan SMA/SMK/ MA yang masih duduk di kelas 12 semua jurusan.

Zainal menjelaskan pendaftaran PMDK-PN dibuka serentak 4 Februari hingga 6 April 2019. Informasi mengenai mekanisme pendaftaran dapat diakses melalui laman www.pmdk.politeknik.or.id.

Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar dapat menghubungi sekolah untuk kemudian mendapat rekomendasi dari pihak sekolah. Berikutnya, pendaftar akan memperoleh 'username' dan 'password' yang digunakan untuk melengkapi isian dan mengunggah dokumen pendukung. Kemudian bagi yang belum jelas telah disiapkan menu bantuan, FAQ dan nomor khusus 0804 1567 567 yang dapat diakses pada hari dan jam kerja. Pendaftaran jalur ini dilakukan secara online, sederhana, dan tidak dipungut biaya. Pendaftaran pun tidak dibatasi kuota tertentu serta akreditasi sekolah tidak menentukan kuota pendaftar.

"Pendaftaran jalur ini akan dibuka hingga 6 April ke depan. Seusai jalur ini, kami juga akan membuka jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri Nasional yang disingkat UMPN. Jadi, silahkan dimanfaatkan kesempatan ini untuk bisa belajar di salah satu perguruan tinggi negeri vokasi di Indonesia, Politeknik," jelas Zainal.