Bupati Muba intruksikan camat deteksi dini konflik

id Dodi Reza Alex,Bupati Musi Banyuasin,Muba Zero Konflik,camat

Bupati Muba intruksikan camat deteksi dini konflik

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex memberikan sambutan pada acara "Mewujudkan Muba Zero Konflik" di Sekayu, Kamis (31/1). (Ist)

Sekayu (ANTARA News Sumsel) - Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex mengintruksikan camat untuk mendeteksi dini potensi konflik khususnya di kawasan pinggiran untuk menjaga situasi dan kondisi menjelang pemilihan legislatif dan pemilihan presiden.

Dodi dalam acara rapat koordinasi "Mewujudkan Muba Zero Konflik", di Sekayu, Kamis, mengatakan, dalam masa pemilu diharapkan pejabat tingkat kecamatan dapat memetakan wilayahnya masing-masing untuk respon cepat jika terjadi persoalan.

"Satu lagi, camat harus stand by (siaga) di wilayah masing-masing di masa menjelang pileg dan pilpres ini," kata dia.

Selain itu, menurut dia, yang tak kalah penting, yakni membangun sinergi antara Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam).

Sementara itu, Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti menyebutkan saat ini jajaran Polres Muba terus berkoordinasi dan melakukan deteksi dini terhadap potensi konflik sosial di wilayah Muba.

"Personil sudah tersebar, dan jajaran Polres Muba juga terus berkoordinasi bersama Pemkab Muba dan Kodim untuk menjaga keamanan dan kedamaian jelang dan usai pelaksanaan pileg dan pilpres," kata dia.

Dandim 0401 Letkol Arm M Saufudin Khoiruzzamani mengatakan, pihaknya juga menyebar personil untuk melaporkan aktifitas menjelang pelaksanaan hingga usai pelaksanaan pileg dan pilpres.?

Anggota intel Kodim 0401 telah tersebar di seluruh wilayah Muba, akan bersama-sama pihak Polres dan Pemkab Muba menjaga wilayah masing-masing dari potensi konflik, kata dia.