Bawaslu Palembang temukan 76 koli tabloid "Indonesia Barokah"

id Bawaslu,Tabloid Indonesia Barokah,Bawaslu Palembang,M Taufik,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palemb

Bawaslu Palembang temukan 76 koli tabloid "Indonesia Barokah"

Arsip- Tabloid Indonesia Barokah. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Badan Pengawas Pemilu Kota Palembang, Sumatera Selatan menemuKan 76 koli paket Tabloid Indonesia Barokah di Kantor Pos setempat.

Berdasarkan informasi masyarakat dan pengecekan di Kantor Pos Palembang ditemukan tumpukan paket pos berisi Tabloid Indonesia Barokah (IB) yang terindikasi memuat informasi negatif terhadap pasangan capres 02 (Prabowo-Sandi), sesuai ketentuan paket tersebut diminta untuk tidak didistribusikan, kata Ketua Bawaslu Palembang M Taufik, di Palembang, Kamis.

Paket tabloid yang dinyatakan Dewan Pers bukan produk jurnalistik itu, berdasakan alamat tujuan pengiriman ke pondok pesantren di wilayah Sumsel dan beberapa provinsi terdekat.

Tindakan yang dilakukan sementara ini meminta pihak Kantor Pos tidak mendistribusikan paket tabloid bermasalah itu, sehingga tidak menimbulkan keresahan masyarakat dan mengganggu tahapan Pemilu 2019.

Sementara mengenai tindakan lebih lanjut seperti penyitaan Tabloid IB, pihaknya menunggu arahan Bawaslu Pusat.

Menurut dia, menghadapi pesta demokrasi rakyat pada 17 April 2019, masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat menimbulkan keresahaan masyarakat, mencemarkan nama baik calon anggota legislatif, partai politik peserta pemilu, dan pasangan capres/cawapres.

Jika sampai masyarakat terbukti melakukan tindakan tersebut bisa mengganggu sukses Pemilu 2019 dan diproses sesuai dengan ketentuan hukum.

Untuk melakukan pengawasan pelanggaran UU Pemilu dan mencegah timbul kampanye negatif, pihaknya berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat, kata Taufik.