Pemkab Musi Banyuasin siaga banjir

id siaga banjir, pemkab muba,musi banyuaisn, waspada banjir , banjir, bencana banjir,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, an

Pemkab Musi Banyuasin siaga banjir

BPBD Musi Banyuasin mengimbau warga setempat supaya siaga banjir (ANTARA)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, berupaya siaga banjir melihat tingginya intensitas curah hujan sejak beberapa hari terakhir dan mulai terjadinya peningkatan muka air sungai.

"Siaga banjir perlu dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait sehingga jika terjadi bencana dapat ditanggulangi dengan cepat," kata Sekda Musi Banyuasin, Apriyadi di Sekayu, Rabu.

Melihat tingginya curah hujan beberapa hari terakhir, pihaknya mengimbau masyarakat, terutama yang tinggal di sejumlah desa dalam wilayah kecamatan rawan bencana banjir agar meningkatkan kesiapsiagaan kemungkinan terjadinya bencana tersebut.

"Berdasarkan laporan petugas BPBD Musi Banyuasin, hingga kini belum ada desa yang mengalami banjir, namun perlu meningkatkan kewaspadaan karena curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini berdasarkan prakiraan BMKG masih akan berlanjut hingga beberapa bulan ke depan," katanya.

Dia menjelaskan, BPBD Musi Banyuasin akan menetapkan status siaga I jika Titik Muka Air (TMA) Sungai Musi yang mengalir di kabupaten ini mencapai 151-200 CM, siaga II dengan ketinggian 101-100 CM, siaga III 51-100 CM dan siaga IV jika ketinggian TMA 0-50 CM.

Beberapa daerah yang tergolong rawan banjir seperti Desa Lumpatan I Kecamatan Sekayu, Kecamatan Sanga Desa, dan Kecamatan Bayung Lencir.

"Dengan kewaspadaan yang tinggi, jika sewaktu-waktu terjadi bencana dampak negatif musim hujan itu dapat ditanggulangi dengan cepat dan tepat serta bisa dihindari terjadinya korban jiwa dan harta benda dalam jumlah besar," ujar Sekda.