Ribuan warga mengungsi akibat banjir Boalemo

id pengungsi banjir,pengungsi,Wonosari,Botumoito, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo,Badan Penanggulan Bencana Daerah

Ribuan warga mengungsi akibat banjir Boalemo

Foto aerial tempat pengungsian. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/18)

Gorontalo (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak 4.987 jiwa terdampak banjir di empat kecamatan yaitu Tilamuta, Dulupi, Wonosari dan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo.

Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) setempat Fathlina Podungge di Gorontalo, Senin (28/1) dini hari mengatakan seluruh warga yang terdampak banjir berada di sembilan desa.

"Di desa Pentadu Barat terdapat 161 jiwa yang terdampak banjir, Desa Mohungo 1.245 jiwa, Desa Piloliyanga 630 jiwa, Desa Ayuhulalo 967 jiwa, Desa Lamu 750. Desa Limbato 161 jiwa," ujarnya.

Sedangkan di Desa Hungayonaa sebanyak 157 jiwa, Desa Potanga 557 jiwa serta Desa Dulupi 1.152 jiwa.

"Jumlah pengungsi di Desa Dulupi sebanyak 31 Kepala Keluarga (KK) atau 97 jiwa, Desa Mohungo dua KK yang terdiri dari tujuh jiwa, serta Desa Hungayonaa dua KK yang terdiri dari 12 jiwa," jelasnya.

Untuk kerusakan akibat banjir Ia mengatakan sejumlah rumah rusak namun tidak terlalu parah, namun di Botumoito ada dua tanggul yang jebol dan harus segera diperbaiki.