Dishub tambah 30 unit PJU kawasan Baturaja

id DISHUB TAMBAH 30 UNIT PJU KAWASAN BATURAJA,lampu jalan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini

Dishub tambah 30 unit PJU kawasan Baturaja

Petugas Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) melakukan perawatan salah satu lampu lalu lintas. (ANTARA News Sumsel//Feny Selly)

Baturaja, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Dinas Perhubungan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan (Sumsel) pada 2019 akan menambah 30 unit lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di kawasan Kota Baturaja agar sepanjang ruas jalan raya setempat terang saat malam hari.

"Penambahan PJU tenaga surya ini mengingat masih ada sejumlah titik kawasan jalan raya di dalam Kota Baturaja yang minim lampu penerangan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Ogan Komering Ulu, Aminelson melalui Kabid Lalulintas dan Angkutan, Saprin di Baturaja, Sabtu.

Dia menjelaskan, penambahan 30 unit PJU tenaga surya ini untuk dipasang di kawasan Jembatan Ogan IV Kecamatan Baturaja Timur hingga Simpang Adipura Universitas Baturaja (Unbara) karena jalur tersebut masih minim fasilitas penerangan jalan.

"30 unit PJU ini nantinya dipasang di sepanjang jalan raya kawasan Jembatan Ogan IV mulai dari terminal hingga simpang Unbara dengan jarak 50 meter setiap titiknya," jelasnya.

Menurut dia, penambahan fasilitas lampu penerangan jalan umum ini dilakukan agar jalur tersebut terang benderang sehingga para pengendara lebih nyaman saat melintas malam hari.

"Para pengendara khusunya kendaraan bermotor selama ini lebih memilih melewati jalur lain di dalam kota karena takut gelap dan menjadi korban aksi kriminalitas saat melintas di kawasan itu," kata dia.

Dengan adanya penambahan PJU tenaga surya yang segera dipasang pada tahun ini tersebut, dia berharap masyarakat pengguna jalan tidak takut lagi untuk melintas pada malam hari.

"Biaya pemasangan menggunakan dana APBD Kabupaten Ogan Komering Ulu tahun anggaran 2019 dan bisa juga melalui dana bantuan dari Kementrian Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan RI.

Jadi, anggaran mana lebih dulu bisa digunakan yang itulah nantinya akan dipakai untuk pemasangan PJU," ujar dia.