Dinkes bangun rumah dinas dokter dan perawat

id rumah dinas,rumah dinas dokter,Puskesmas Kecamatan Kedaton,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palemban

Dinkes bangun rumah dinas dokter dan perawat

Arsip- Pembangunan Rumah dinas. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Baturaja, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan pada tahun ini akan membangun rumah dinas untuk dokter dan perawat yang bertugas di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya.

"Rumah dinas ini rencananya mulai dibangun pada pertengahan tahun ini," kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerinta Kabupaten Ogan Komering Ulu Rozali di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan bahwa pembangunan fasilitas berupa rumah dinas untuk dokter dan perawat di Puskesmas Kedaton Peninjauan Raya itu, agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat setiap hari menjadi lebih optimal.

Selama ini, kata dia, para tenaga kesehatan di wilayah kerja puskesmas itu, khususnya yang berasal dari luar kecamatan tersebut, terpaksa tinggal di rumah kontrakan karena puskesmas setempat belum memiliki rumah dinas untuk mereka.

Dengan adanya rumah dinas, kata dia, para dokter dan perawat di Puskesmas Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya tidak lagi harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk bertugas sehingga dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Terkait berapa unit rumah dinas yang akan dibangun disesuaikan dengan kebutuhan dan alokasi dana yang dianggarkan," kata dia.

Dia mengemukakan bahwa alokasi dana yang dianggarakan pemerintah untuk membangun fasiltas tersebut, yaitu rumah dinas dokter Rp300 juta dan perawat Rp300 juta bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019.

"Total dana yang dianggarakan untuk membangun rumah dinas dokter dan perawat ini mencapai Rp600 juta melalui DAK," ujar dia.