PDAM targetkan jaring 2.000 pelanggan baru

id pdam,pengelolaan air minum,PDAM Ogan Komering Ulu, Abi Kusno,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palemb

PDAM targetkan jaring 2.000 pelanggan baru

Dokumentasi- Pekerja PDAM tengah mengecekpipa air baku berukuran 500 PVC. (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin M)

Baturaja, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - PDAM Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada tahun 2019 menargetkan menjaring sebanyak 2.000 pelanggan baru melalui sistem pengelolaan air minum (SPAM) yang pembangunannya baru selesai di Kecamatan Lubuk Raja.

Direktur PDAM Ogan Komering Ulu, Abi Kusno di Baturaja, Jumat menuturkan, sejak SPAM Lubuk Raja diresmikan beberapa hari lalu pihaknya menargetkan pada tahun ini sedikitnya 2.000 pelanggan baru akan menikmati layanan air bersih milik perusahaan daerah tersebut.

"Kemungkinan besar target tersebut akan tercapai sebelum akhir 2019," katanya.

Menurut dia, keyakinan tersebut mengingat hingga saat ini saja tercatat sekitar 1.000 pelanggan baru warga di Kecamatan Lubuk Raja yang sudah menikmati layanan air bersih melalui sambungan SPAM PDAM Ogan Komering Ulu.

"Pelanggan baru ini merupakan penduduk berasal mulai dari Desa Batumarta Unit I hingga Unit IV Kecamatan Lubuk Raja," kata dia.

Dia mengemukakan, SPAM PDAM Lubuk Raja yang baru dioperasikan tersebut berkapasitas 60 liter air perdetik dengan daya tampung sebanyak 5.000 pelanggan baru warga setempat.

"Kami juga nantinya akan menambah booster di Unit II hingga dikembangkan ke Unit I," ungkapnya.

Sumber air baku SPAM Lubuk Raja yang dibangun di atas lahan pengelolahan seluas satu hektare tersebut diambil dari aliran Sungai Ogan yang langsung mengalir ke pipa pelanggan.

"PDAM ini menggunakan intake dermaga untuk menyedot air baku. Sedangkan intake lainnya hanya menggunakan sistem ponton," ujar dia.