Dinas Perkim bedah ratusan rumah warga miskin

id paspor, imigrasi, imigrasi palembang, antrean, sistem antrean versi baru,bedah rumah,berita antara hari ini,berita sumsel, berita palembang, antara su

Dinas Perkim bedah ratusan rumah warga miskin

Arsip- Rumah warga mengikuti program bedah rumah. (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin)

Baturaja, Sumsel  (ANTARA News Sumsel) - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman(Perkim) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada 2019 akan membedah ratusan rumah warga miskin di wilayah itu.

"Total rumah yang akan kami bedah pada 2019 ada sekitar 444 unit," kata Kepala Dinas Perkim Ogan Komering Ulu, Ulia Mahdi melalui Sekretaris, Hasan HD di Baturaja, Selasa.

Dia menjelaskan, ratusan rumah warga berpenghasilan rendah di Ogan Komering Ulu tersebut akan direnovasi melalui program bedah rumah Dinas Perkim wilayah setempat tahun anggaran 2019.

Renovasi ratusan rumah ini, menurut dia, dibiayai dari tiga sumber dana yaitu melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Ogan Komering Ulu, Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian Perumahan.

"Alokasi dana ini meliputi renovasi untuk 100 unit rumah dibiayai APBD Ogan Komering Ulu tahun anggaran 2019, 250 unit menggunakan dana BSPS dan rehabilitasi 94 rumah didanai DAK," katanya.

Dia mengemukakan, setiap unit rumah yang akan direnovasi tersebut mendapat bantuan dana sebesar Rp15 juta dari pemerintah melalui DAK dan APBD Ogan Komering Ulu guna merehabilitasi rumah agar layak huni.

"Sementara rehabiitasi rumah melalui dana BSPS dibantu sebesar Rp1juta per unit," ujar Ulia.

Dia mengemukakan, program renovasi rumah untuk warga berpenghasilan rendah pada 2019 baru akan dimulai pada pertengahan 2019 yang pengerjaannya dilakukan secara swadaya oleh masyarakat setempat.

"Jadi pemerintah hanya membantu untuk membeli bahan material saja, sedangkan pengerjaannya nantinya dilakukan secara swadaya oleh pemilik rumah dan masyarakat sekitar," ujarnya.