Pemkot Palembang siap revitalisasi dua pasar

id pasar,Hardayani,Pemerintah Kota Palembang,revitalisasi pasar,Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, a

Arsip- Pasar. (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang merevitalisasi dua pasar pada 2019 yakni Pasar KM5 dan Pasar Sekip Ujung menggunakan dana Rp3 miliar yang dialokasikan pemerintah pusat melalui Dinas Perdagangan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang Hardayani di Palembang, Selasa mengatakan, anggaran perevitalisasian pasar ini tahun ini meningkat dibandingkan 2018 mengingat sebelumnya Rp4,4 miliar untuk empat pasar.

"Dipilih dua pasar ini karena kondisinya sudah sangat mendesak," kata dia.

Ia mengatakan perevitalisasian pasar tradisional di Palembang ini bertujuan untuk menjadikan pasar sesuai dengan standarisasi yang ditetapkan Kementerian Perdagangan.

Untuk itu, dana tersebut akan digunakan untuk perbaikan saluran air, atap gedung dan sirkulasi udara.

Sebenarnya, ia melanjutkan, terdapat 11 pasar di Palembang yang seharusnya direvitalisasi, namun karena keterbatasan dana dari pemerintah maka dibuat skala prioritas.

Namun, pemkot masih mengajukan dua pasar lagi untuk direvitalisasi yakni Pasar Sekanak dan Pasar Lemabang pada tahun mendatang. Pasar Sekanak akan diproyeksikan sebagai pasar penjualan cinderamata karena akan dijadikan destinasi wisata.

"Terkait perevitalisasian dua pasar ini, pemkot akan memulai dengan persiapan administrasi supaya pekerjaan fisik sudah bisa dilakukan pada April 2019," kata dia.

Kementerian Perdagangan merevitalisasi pasar di berbagai kota di Tanah Air untuk mencapai target 5.000 pasar dalam periode 2014-2019.

Program revitalisasi pasar ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga eksistensi pasar tradisional yang mulai ditinggalkan konsumen. Pengelolaan pasar, akses penyediaan barang dengan mutu dan harga bersaing dapat meningkatkan kualitas pasar.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar