Kemenhub bakal modernisasi dermaga Jembatan Ampera

id wali kota,dermaga,wali kota palembang,antara sumsel,antara palembang,program Quick Wins,Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat,Mangasi Sinaga,penat

Kemenhub bakal modernisasi dermaga Jembatan Ampera

Sejumlah warga ramai menaiki kapal motor kayu di Dermaga Pasar 16 Ilir Palembang.( ANTARA news Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kementerian Perhubungan bakal memodernisasi dermaga di kawasan Jembatan Ampera dengan menjalankan program Quick Wins angkutan sungai yang nantinya Palembang menjadi proyek percontohan di Indonesi.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VII Mangasi Sinaga di Palembang, Senin, mengatakan, penataan kawasan 16 Ilir dan 7 Ulu ini nantinya akan menghubungkan seluruh moda transportasi dan sekaligus menjadikannya lebih nyaman dan aman.

Seperti diketahui Kota Palembang sudah memiliki Light Rail Transit dan Bus Rapid Transit Trans Musi.

Penataan ini, ia menjelaskan, bukan hanya aspek fisik semata, namun juga dilihat dari aspek lainnya yaitu wisata dan bisnis agar benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Oleh karena itu, pelayanan yang diberikan juga harus mengutamakan keselamatan sehingga angkutan sungai akan diwajib menggunakan tiket, asuransi, peralatan keselamatan, dan jadwal.

Penataan ini akan mengedepankan sarana, prasarana, dan pembenahan sumber daya manusia, kata dia.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan adanya modernisasi dermaga ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik Jembatan Ampera sebagai objek wisata.

Saat ini Palembang fokus meningkatkan sektor pariwisata karena sebelumnya sudah menjadi tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018. Kota Palembang ini sudah bisa dikatakan sudah cukup dikenal, tinggal lagi bagaimana menarik wisatawan untuk mau datang ke sini, kata dia.