Gubernur Sumsel minta petani kembangkan buah lokal

id buah lokal,Gubernur Sumsel,herman deru,berita sumsel,berita palembanga,antara sumsel,antara palembang,berita hari ini

Gubernur Sumsel minta petani kembangkan buah lokal

Pengunjung melihat aneka macam jenis buah hasil pertanian di salah satu stan pameran Festival Buah dan Pertanian Sumatera Selatan di Halaman Griya Agung Palembang. ANTARA FOTO/Feny Selly/Ang/19

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru minta agar petani di provinsi itu mengembangkan buah lokal khas daerah setempat.

"Sumsel kaya akan buah khas daerah dan itu harus dikembangkan serta dilestarikan," kata Gubernur Deru di Palembang, Jumat.

Provinsi Sumsel memiliki keanekaragaman buah lokal tidak hanya durian, duku dan rambutan tetapi banyak yang lainnya.

Namun buah lokal tersebut perlu dikembangkan dan dilestarikan serta dikenalkan kembali pada masyarakat agar mendapatkan tempat tersendiri.

Gubernur juga mengajak petani buah di Sumsel untuk terus meningatkan inovasi dan semangatnya dalam melakukan penanaman buah-buahan lokal yang berasal dari daerah ini.

Tujuannya tidak lain untuk menjaga keaslian buah yang telah melegenda dikalangan masyarakat secara turun temurun itu.

Selain itu petani buah di Sumsel jangan pernah patah semangat untuk menjaga keaslian buah lokal ini.

"Durian kita lebih menarik, lebih legit tidak kalah sama durian-durian dari daerah lain," katanya.

Memang dalam upaya memperkenalkan buah lokal sekaligus melestarikannya pihaknya bekerja sama dengan Masyarakat Agroindustri Indonesia melaksanakan festival buah.

Festival buah itu tujuannya untuk mengembalikan Provinsi Sumsel sebagai lumbung pangan nasional dan mengurangi angka kemiskinan melalui bidang pertanian.

Apalagi Sektor Tanaman Pangan saat ini masih menjadi komoditi yang menjadi fokus pengembangan di Sumsel terutama tanaman pangan seperti padi dan tanaman palawija lainnya.