Pemkot Palembang targetkan Piala Adipura Kencana

id adipura,piala adipura kencana , kementerian lingkunga hidup dan kehiutanan, penghargaan yang lebih tinggi,Harobin Mustafa,berita sumsel,berita palemba

Pemkot Palembang targetkan Piala Adipura Kencana

Sekretaris Daerah Kota Palembang Harobin Mustofa (dua kiri) menerima kedatangan Piala Adipura yang diserahkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Faizal AR (dua kanan) di Rumah Dinas Walikota Palembang,Selasa (15/1/2019). ANTARA FOTO/Feny Selly/Ang/19

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan menargetkan meraih penghargaan tertinggi di bidang kebersihan lingkungan berupa Piala Adipura Kencana pada 2020.

"Setelah berhasil memperoleh Piala Adipura ke-12 pada tahun ini diupayakan tahun depan mendapatkan penghargaan yang lebih tinggi berupa Piala Adipura Kencana," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Palembang Harobin Mustafa di Palembag, Jumat.

Dia menjelaskan "Bumi Sriwijaya" itu sudah 12 kali meraih Piala Adipura.

Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu, kata dia, akan terus dipertahankan bahkan ditargetkan penghargaan yang lebih tinggi.

Untuk mempertahankan penghargaan itu, pihaknya berupaya melakukan berbagai pembenahan guna menyesuaikan dengan poin tim penilai Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera, dan Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Selatan.

Persiapan menyangkut segala sesuatu yang berkaitan dengan penilaian Adipura itu, katanya, seperti melakukan kegiatan pemilahan sampah dengan menempatkan tempat-tempat sampah organik, anorganik dan logam di lingkungan tempat kerja atau kantor jajaran Pemkot Palembang.

Selain itu, katanya, menjaga kebersihan drainase, toilet/WC dan tersedianya air bersih serta kebersihan lingkungan kantor, mengintensifkan kegiatan pengolahan sampah (pengomposan) dengan menunjuk petugas khusus untuk melakukan pengolahan dan pembuatan kompos pada tempat kerja/kantor masing-masing.

Selain itu, kata dia, memperbanyak sebaran pohon peneduh di lingkungan halaman kantor dan kawasan permukiman penduduk, tidak melakukan pembakaran sampah, baik di tempat kerja maupun lingkungan tempat tinggal, serta mengajak seluruh warga Palembang untuk bersama-sama menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan masing-masing.