Pemkab Musi Banyuasin targetkan Adipura Kencana

id adipura, piala adipura, piala adipura kencana, kebersihan, pemkab musi banyuasin,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Pemkab Musi Banyuasin targetkan Adipura Kencana

Piala Adipura (Istimewa)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan menargetkan perolehan penghargaan tertinggi di bidang kebersihan lingkungan berupa Piala Adipura Kencana.

"Setelah berhasil memperoleh kembali Piala Adipura ke-12 pada tahun ini yang sebelumnya dua tahun berturut-turut sempat kehilangan piala tersebut diupayakan tahun depan mendapatkan penghargaan yang lebih tinggi berupa Piala Adipura Kencana kota kecil terbersih," kata Sekda Musi Banyuasin Apriyadi di Sekayu, Kamis.

Dia menjelaskan Kota Sekayu sebagai Ibu Kota Kabupaten Musi Banyuasin merupakan kota kecil terbersih yang sudah 12 kali meraih Piala Adipura.

Penghargaan kota kecil terbersih itu, kata dia, diupayakan ke depan bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan sehingga bisa diraih penghargaan yang lebih tinggi.

Untuk mempertahankan penghargaan itu, Pemkab Musi Banyuasin berupaya melakukan berbagai pembenahan menyesuaikan dengan poin tim penilai Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera, dan Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Selatan.

Persiapan segala sesuatu yang berkaitan dengan penilaian Adipura seperti melakukan kegiatan pemilahan sampah dengan menempatkan berbagai tempat sampah organik, anorganik, dan logam di lingkungan tempat kerja atau kantor di jajaran Pemkab Musi Banyuasin.

Selain itu, kata dia, menjaga kebersihan drainase, toilet/WC, tersedianya air bersih, serta kebersihan lingkungan kantor, mengintensifkan kegiatan pengolahan sampah (pengomposan) dengan menunjuk petugas khusus untuk melakukan pengolahan dan pembuatan kompos pada tempat kerja/kantor masing-masing.

Selain itu, kata dia, memperbanyak sebaran pohon peneduh di lingkungan halaman kantor dan tempat tinggal, tidak melakukan pembakaran sampah, baik di tempat kerja maupun lingkungan tempat tinggal, serta mengajak seluruh warga untuk bersama-sama menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan.