Pertamina sosialisasi K3 serentak di tiga kota

id pertamina,k3,sosialisasi,kota,tiga

Pertamina sosialisasi K3 serentak di tiga kota

Dok.ANTARA FOTO/Feny Selly/Ang/19

 Palembang, (ANTARA News Sumsel) - Pertamina Marketing Operation Region II Sumbagsel melakukan sosialisasi bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di stasiun pengisian bahan bakar umum secara serentak di tiga kota di wilayah Sumatera bagian Selatan.
 
HSSE Manager Region II Sumbagsel Hendrix Eko Vebriono di Palembang, Kamis mengatakan, kegiatan hari ini dalam rangka bulan K3 nasional Pertamina selalu memperingati setiap 12 Januari sampai 12 Februari.

Kebetulan agenda kegiatan hari ini sosialisasi keselamatan di SPBU secara serentak di Kota di Sumbagsel yakni di Palembang, Lampung dan Bangka Belitung yang dilakukan selama dua hari.

"Kenapa ini dilakukan memang kita melihat di SPBU menyimpan bahan berbahaya, karena itu masyarakat tetap kita edukasi bahwa di SPBU tidak boleh menyalahkan api rokok, menghidupkan mesin kendaraan saat pengisian maupun pengisian ke dalam jerigen," katanya.

Ia menjelaskan, edukasi ini diberikan agar supaya SPBU selamat konsumen juga selamat. Jika dilihat kasus pada tahun 2018 ada empat insiden yang semuanya, karena perilaku konsumen yang kurang aman misalnya mengisi jerigen pada saat jerigen diatas kendaraan, diisi tidak tahu tiba-tiba bocor kena knalpot kemudian terbakar.

Hal itulah yang diedukasi, masyarakat silahkan mengisi pakai jerigen tapi caranya harus benar.

Lebih lanjut ia menuturkan,  semua SPBU di wilayah Sumbagsel sudah dipenuhi atau dibekali safety man yang sudah disertifikasi tugasnya mengingatkan konsumen apabila ada hal yang tidak aman langsung mengingatkan. Mengenai sanksi terhadap SPBU tentunya akan dilihat prosedur dari SPBU itu sendiri.

Sementara itu, Retail Manager Pertamina Region II, Aji Anom menambahkan kalau untuk penyaluran BBM sendiri hingga sekarang semuanya berjalan lancar.