Pulau Maspari dijadikan pusat pembenihan ikan Sumsel

id IKAN,Pulau Maspari,Ogan Komering Ilir,pembenihan ikan,Mawardi Yahya,Wakil Gubernur Sumatera Selatan,pusat pembibitan terbesar di Sumsel

Pulau Maspari dijadikan pusat pembenihan ikan Sumsel

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya melakukan kunjungan kerja ke Balai Budidaya Perikanan Laut (UPT) Kementerian Kelautan & Perikanan RI Batam Kepulauan Riau, Jumat (11/1). (Dok.HumasProvSumsel/19)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pulau Maspari, Kabupaten Ogan Komering Ilir akan dijadikan tempat pusat pembenihan ikan di Sumatera Selatan karena potensi wilayahnya sangat mendukung.

Pulau yang terletak di wilayah Timur Sumsel itu saat ini sudah ditebar berbagai bibit ikan dan udang tetapi itu akan dimaksimalkan lagi, kata Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya di Palembang, Kamis.

Pemaksimalan pembenihan ikan tersebut karena itu akan dijadikan pusat pembibitan terbesar di Sumsel. Hal ini karena Pemerintah Provinsi Sumsel akan memaksimalkan potensi perikanan yang ada di antaranya memperbanyak benih ikan unggul.

"Apalagi potensi perikanan di Sumsel masih sangat mungkin untuk dikembangkan lagi untuk menambah produksi ikan di daerah ini," ujar dia.

Oleh karena itu pulau tersebut akan dimaksimalkan lagi untuk dikembangkan sebagai pusat pembenihan sektor perikanan tambak dan kerambah.

Yang jelas, lanjut Wagub, Pulau Maspari akan dijadikan sebagai lokasi pusat pembenihan baik ikan laut, udang dan lainnya yang akan dibawahi langsung Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel.

Selain itu Pulau Maspari akan dibuatkan pos terpadu yang fungsinya untuk pemantauan lalu lintas angkutan baik kapal maupun aktivitas di laut lainnya.

Jika pulau itu sudah berkembang dengan baik, bukan tidak mungkin pulau ini nantinya akan menjadi lokasi wisata baru selain sebagai pusat pembenihan perikanan.

Dalam upaya mengembangkan benih ikan tersebut pihaknya telah berkunjung ke Batam untuk melihat dan belajar tentang pengembangan perikanan.

Dia mengatakan, tujuan kunjungan tersebut agar pusat pembenihan ikan Batam ada di Pulau Maspari.